Bawaslu Minut Gelar Bimtek Penguatan Kapasitas Jelang Pemilu 9 Desember 2020

Minut – Jelang Pemilu 2020 Bawaslu Minahasa Utara menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi Panwaslu kecamatan se-kabupaten Minahasa utara dalam rangka pemungutan dan perhitungan suara pada pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Minahasa Utara Dan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulawesi utara tahun 2020.

Menurut Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy “Pelaksanaan ini memberikan penguatan kapasitas bagi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Minahasa Utara dalam rangka pengawasan pemungutan dan penghitungan suara nantinya pada tgl 9 Desember 2020, termasuk dgn penguatan terhadap strategi pengawasan pemungutan dan penghitungan surat suara,” kata Awuy.

Narasumber Drs. Samsurijal AJ Musa kepada peserta mengatakan, Kerja kita berat dalam mengawasi, peningkatan penguatan kapasitas SDM sangat penting, bangun komunikasi untuk menjadi pengawas, pengelolaan emosi. Pengawas tidak boleh emosi.

“Pengawas harus punya pemahaman interpersonal, harus memahami kondisi orang, lokasi dan situasi dan kepemimpinan yang bertanggung jawab kepada tugas dan kepada tuhan serta kooperatif,” ucap Musa.

Lanjutnya, sebagai pengawas harus efesiensi yaitu harus tepat sasaran dan tepat waktu. Harus ada perencanaan sehingga selesaikan pekerjaan dengan tuntas.

“Kesadaran berorganisasi, bertanggung jawab dalam segala hal dalam menjalan tugas untuk mencapai tujuan dan memahami struktur organisasi serta berintegritas, harus ditanamkan kepada semua insan manusia sebagai jati diri. jaga pikiran, perasaan dan tidakan dalam segala situasi,”tuturnya.

Musa juga mengingatkan pengawas pemilu harus Inisiatif mengambil langkah ketika ada masalah dalam pengawasan, jangan hanya memantau dari jauh dan kepercayaan diri atas kemampuannya.

Hadir dalam kegiatan ini, Komisioner Bawaslu Rocky Ambar, Narasumber Jhoni Suakh, para Panwas kecamatan se-kabupaten Minahasa utara.

Leave a Reply