by

BPJS Kesehatan Gelar Sosialisasi Program JKN bersama Dinas Kominfo dan Media Minahasa

Minahasa – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Tondano, menggelar kegiatan bertajuk “BPJS Kesehatan Hangout With Media Massa”, bertempat di Cafe Rumah Kopi Tua Tondano, Senin (19/06) pagi.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber seperti Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Minahasa, Maya Marina Kainde SH MAP, Kepala Bagian SDM Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Tondano, Ferry Frits Toar, serta Kepala Bagian Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tondano, Ajat Jakaria.

Kadis Kominfo Maya Kainde dalam sambutan sekaligus menyampaikan materi dengan judul “Peran Media Dalam Komunikasi Publik”, mengatakan, peran Media Massa dalam penyampaian informasi kepada publik sangatlah penting. Sebab menurutnya, Media Massa mampu berperan penting dalam membangun opini publik.

“Media massa sangat penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, baik itu kegiatan pemerintahan, sosial dan kemasyarakatan, serta kegiatan-kegiatan positif lainnya. Untuk itu, sangatlah penting membangun hubungan yang positif dengan Media Massa, untuk penyebarluasan informasi,” ujarnya.

Selanjutnya, Ajat Jakaria dalam materinya yang menyampaikan sekaligus sosialisasi mengenai program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan mengatakan, pihaknya selalu terus berupaya memberikan berbagai kemudahan kepada peserta JKN, dengan selalu menjunjung tinggi visi Presiden yakni “Terwujudnya Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berdasarkan Gotong Royong”.

“Proteksi jaminan kesehatan seluruh penduduk akan terwujud jika seluruh penduduk bergotong royong dengan menjadi peserta program JKN. Jaminannya berupa perlindungan kesehatan agar peserta memperoleh manfaat pemeliharaan dan perlindungan kesehatan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan yang diberikan kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah,” ujarnya dalam materi.

Selanjutnya, Jakaria kemudian menjelaskan mengenai apa saja yang bisa didapat atau menjadi hak, dari pelayanan BPJS Kesehatan ketika menjadi peserta JKN seperti diantaranya, bisa menentukan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang diinginkan saat mendaftar, memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan mendapatkan perlindungan data pribadi yang diserahkan kepada BPJS Kesehatan dalam rangka pendaftaran.

Selain itu, peserta JKN juga bisa memanfaatkan NIK sebagai identitas tunggal peserta JKN, kemudian bisa mendapatkan manfaat pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, serta menyampaikan pengaduan, saran dan aspirasi baik secara lisan maupun tertulis kepada BPJS Kesehatan.

“Namun, selain hak, ada juga kewajiban yang nantinya haris dipenuhi peserta JKN seperti, mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS, membayar iuran secara rutin setiap bulan sebelum tanggal 10, memberikan data diri dan anggota keluarganya secara lengkap dan benar, melaporkan perubahan data diri dan anggota keluarganya seperti golongan atau pangkat, upah, pernikahan/perceraian, kelahiran/kematian, alamat domisili/email dan nomor handphone,” terang Jakaria.

“Lalu, menjaga identitas peserta JKN agar tidak rusak, hilang atau dimanfaatkan oleh orang yang tidak berhak, mentaati prosedur dan ketentuan untuk memperoleh manfaat pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan. Juga, melaporkan kepada BPJS Kesehatan apabila ditemukan ketidakpatuhan Pemberi Kerja dalam pendaftaran peserta,” terang dia lagi sembari memaparkan hal-hal penting lainnya berkaitan dengan cara dan persyaratan lainnya di BPJS Kesehatan.

Kegiatan yang kemudian diakhiri dengan tanya jawab seputar pelayanan JKN, turut dihadiri Kepala Bagian SDM, Umum dan Komunikasi BPJS Kesehatan Cabang Tondano Ferry Frits Toar, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Minahasa Jhonny Tendean AP MAP, para Kepala Bidang dan Kepala Seksi di Dinas Kominfo Minahasa, para staf BPJS Kesehatan, serta para Wartawan, baik dari Media Cetak, Media Online, Radio dan Televisi.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed