by

Bupati JS Perketat Mutasi PNS

 

Bupati Mitra James Sumendap
Bupati Mitra James Sumendap

MITRA  – Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap menegaskan bahwa kedepan tak ada lagi mutasi tak wajar pegawai pemkab ke daerah lain. Hal ini dilakukan Sumendap karena banyaknya aksi dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang pindah ke daerah lain.

“Selain karena alasan Mitra masih membutuhkan tambahan pegawai, pengetatan mutasi ini agar daerah kita tidak dirugikan oleh ulah oknum pegawai yang hanya menjadikan Mitra sebagai batu loncatan untuk jadi PNS,” kata Sumendap kepada sejumlah wartawan belum lama ini.

Menurut Sumendap, jika praktik seperti itu terus dilakukan, kapan daerah ini akan berkembang.

“Ini merupakan kabar buruk bagi PNS yang sudah berencana pindah kerja ke luar Mitra. Namun sebaliknya hal ini merupakan kabar gembira bagi mereka yang benar-benar terpanggil untuk membangun Mitra tercinta,” ujar Sumendap.

Sebagai daerah yang baru dimekarkan, Mitra sebetulnya masih membutuhkan tambahan pegawai, karena memang masih kekurangan tenaga. Oleh karena itu Pemkab Mitra akan menyurat ke semua kabupaten/kota di Sulut agar tidak menerima pegawai yang akan pindah dari Mitra menuju suatu daerah lain.

“Kita tahu bersama, dalam tahap seleksi calon PNS, mereka sudah memilih Mitra sebagai tempat untuk melaksanakan tugas dan pengabdian bagi bangsa dan negara. Makanya, harus memberikan sepenuhnya skill dan kecerdasan untuk membangun Mitra. Bukan sebaliknya sibuk memikirkan untuk pindah ke daerah lain,” katanya.

Langkah bupati tersebut mendapat apresiasi dari berbagai pihak, antara lain seperti diungkapkan ketua LSM Gema Mitra, Viddy Ndantung. Kata dia, penegasan itu sangat baik dalam upaya mendisiplinkan aparatur. “Namun jika hal itu tidak dilaksanakan secara konsisten, hal itu sama saja dengan yang dilakukan oleh kepala daerah lainnya. Hanya pada awal-awal, setelahnya sudah banyak kompromi dan pengecualian,” tegasnya.

Seperti diketahui, selain memperketat mutasi pns ke daerah lain, beberapa waktu lalu, Bupati Sumendap telah menginstruksikan pegawai di lingkup Pemkab Mitra, termasuk para pejabat, untuk tinggal di wilayah Mitra. Tujuannya supaya para abdi negara itu bisa lebih disiplin, serta memberi efek pada peningkatan ekonomi Mitra.(Alfian Tompunu)

Comment

Leave a Reply

News Feed