by

Bupati ROR Lobi Anggaran Pembangunan Pasar Ke Kementerian Perdagangan Capai Rp 24 Miliar

Minahasa – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi, belum lama ini mendatangi Kantor Kementerian Perdagangan Repoblik Indonesia di Jakarta, dan bertemu langsung Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Ir Tjhaya Widayanti MSc, untuk melobi anggaran pembangunan sejumlah pasar di Kabupaten Minahasa, agar lebih representatif.

Kedatangan Bupati ROR ke Kementerian Perdagangan ini sendiri untuk menindaklanjuti proposal melalui dana tugas pembantuan, yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Perdagangan, pada 10 Desember 2018 lalu.

Kepala Dinas Perdagangan Minahasa Moudy Lontaan SSos mengatakan, total nilai yang diajukan melalui proposal tersebut mencapai Rp 24 miliar, yang terbagi merata untuk empat pasar, masing-masing Pasar Langowan sebesar Rp 6 Miliar, Pasar Tompaso Rp 6 Miliar, Pasar Sonder Rp 6 Miliar dan Pasar Tanawangko Rp 6 Miliar.

“Kita bersyukur karena berkat lobi Pak Bupati, Kementerian Perdagangan segera menindaklanjuti dengan akan menurunkan Tim Survei untuk melihat mana diantara empat pasar tersebut yang layak mendapatkan bantuan,” kata Lontaan.

Sementara, Lontaan menjelaskan bahwa, hingga saat ini ada sembilan pasar yang dikelola Pemkab Minahasa yakni, Pasar Tondano Satu, Pasar Langowan, Pasar Kawangkoan, Pasar Sonder, Pasar Tompaso, Pasar Remboken, Pasar Tanawangko dan Pasar Tondano Dua.

Menurutnya, dari sembilan pasar tersebut, tiga diantaranya telah mendapatkan dana tugas pembantuan yaitu, Pasar Tondano pada tahun 2011, Pasar Kawangkoan tahun 2016, dan Pasar Remboken tahun 2017.

“Untuk Dana Alokasi Khusus yang sudah ditetapkan dalam APBD Minahasa tahun anggaran 2019 dari Kementerian Perdagangan sebesar Rp 4.577.916.000, yang terbagi untuk pembangunan pasar rakyat berjumlah Rp 3.077.916.000 dan pengadaan peralatan kemetrologian Rp 1,5 Miliar,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati ROR menyambangi Kantor Kementerian Perdagangan Repoblik Indonesia, bertemu langsung dengan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Ir Tjhaya Widayanti MSc, dan mendapatkan tanggapan positif.

“Kami telah melakukan lobi ke Kementrian Perdagangan, dan hasil dari konsultasi tersebut, Tim Kementerian akan turun memeriksa langsung pasar-pasar yang ada di Kabupaten Minahasa. Dari hasil turun lapangan nantinya, Tim akan menilai pasar mana yang layak dapatkan bantuan dari Kementerian Perdagangan,” terang Bupati.

ROR pun optimis, program pembangunan pasar ini akan terwujud demi membangun tanah Minahasa yang lebih hebat, untuk kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Minahasa. “Saya yakin apa yang diupayakan Pemkab Minahasa bagi kesejahteraan masyarakat, akan terjawab,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed