by

Dapat Restu Kemenpar-RI, Tim Kesenian Minahasa Siap Tampil di Amerika Serikat

Minahasa – Rencana Tim Kesenian Pemkab Minahasa yang akan mengikuti Pergelaran Seni dan Budaya “Minahasa Cultural Night 2017” di California Amerika Serikat, dikabarkan telah memperoleh dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata Repoblik Indonesia (Kemenpar-RI).

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo mengatakan dukungan Kemenpar-RI ini tertuang lewat surat rekomendasi dari nomor 304/I/15/DP3M/Kempar/2017, tertanggal 3 Maret 2017, yang ditandatangani oleh Asisten Deputi Pengembangan Pasar Pariwisata Eropa, Timur Tengah, Amerika dan Afrika Nia Niscaya.

Tumundo yang didampingi Plh Sekdis Jimi Pinangkaan lebih jauh mengatakan, saat ke Kemenpar untuk memperoleh rekom, pihaknya diterima oleh Deputi Direktur Pengembangan Pasar Amerika dan Afrika Kemenpar Hari Budiarti dan Arie Setyo pada Selasa (7/3/2017) di Kantor Kementerian Pariwisata Jakarta.

”Intinya, Kementerian Pariwisata sangat mendukung penuh agenda Pemkab Minahasa untuk melakukan promosi pariwisata dan budaya Minahasa di Amerika Serikat pada bulan Mei 2017 mendatang,” ujar Tumundo.

Ditambahkan Tumundo, program promosi pariwisata dan budaya Minahasa melalui pengutusan Tim Kesenian ini merupakan salah satu agenda dalam mensukseskan Pesona Minahasa 2017 yang saat ini sementara bergulir. Menurutnya, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Selasa (07/03) lalu, bertempat di Kantor Bupati Minahasa, telah menerima delegasi Tim Kesenian Pemkab Minahasa yang akan mengikuti Pergelaran “Minahasa Cultural Night 2017” di Amerika tersebut.

”Tim Kesenian yang terdiri dari 13 orang Waraney dan Wulan Minahasa sebagai penari, 7 orang pemain Kolintang dan 2 orang pelatih ini langsung mendapat arahan dan pembekalan dari Bupati JWS,” ujarnya.

Masih dikatakan Tumundo, dalam pertemuan tersebut, JWS berharap Tim Kesenian ini dapat mempersiapkan diri dengan baik sehingga akan memberikan pertunjukan yang terbaik dalam pergelaran seni dan budaya Minahasa di negara Paman Sam nanti.

Adapun nama-nama Tim Kesenian terdiri dari unsur penyanyi yaitu Megumi Geraldia Kusen, Friska Rosels Tani, Natasha Gabriela Sumual, Claudia Stefani Laki, Ribka Melly Mandagi, Diane Christine Rantung, Fellia Frilova Lalogiroth, Derien Valentino Saerang, Aldian Waworundeng, Valdano Yohanes Sajow, David Yosua Kussoy, Bryan Kevin Kembuan, Gerry Yohanes Kumentas.

Unsur pemain kolintang yaitu Jaris Paulus Aait Banua, Ferry Darosa, Johnly Febry Sumalu, Harvey Rommy Rotinsulu, Ferry Fransisco Karundeng, Lendy Wilson Singkoh dan Herke Mokolensang, serta dari unsur pelatih yaitu Ruddy Steven Mende dan Johanis Pantouw.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed