by

Dishub Minahasa Ajak Masyarakat Mudik Selamat

Minahasa – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Minahasa menghimbau kepada masyarakat agar ketika mudik Idul Fitri 1443 Hijriah, memperhatikan ketentuan-ketentuan yang berlaku, agar Mudik Selamat.

Kepala Dishub Minahasa Maya Marina Kainde SH MAP, Sabtu (23/04) pagi mengatakan, mudik Lebaran merupakan ritual tahunan bagi umat Muslim di Indonesia, dengan melakukan perjalanan menuju ke kampung halaman bertemu dan silahturahmi bersama keluarga, sanak saudara di kampung.

Oleh karena itu, agar bisa berkumpul bersama dengan sanak saudara dan keluarga di tempat tujuan, harus tetap waspada dan berhati-hati.

“Tahun ini perkiraan jumlah pemudik di Indonesia sekitar 85 juta yang terpusat di Pulau Jawa dan Sumatera, setelah dua tahun sebelumnya pemerintah melarang kegiatan mudik akibat pandemi COVID-19. Di Kabupaten Minahasa, sebagaimana juga di Provinsi Sulawesi Utara pada umumnya, aktifitas mudik ini tidak terlalu berpengaruh terhadap kondisi lalu lintas pada jaringan lintas jalan, baik antar kabupaten maupun antar provinsi, disebabkan volume lalu lintas kendaraan yang mudik masih rendah,” ujarnya

Namun demikian, Kainde mengajak masyarakat tetap waspada, mengingat COVID-19 masih merupakan ancaman yang nyata dan perlu terus dikendalikan penyebarannya.

“Kami himbau kepada masyarakat Minahasa yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, agar tetap melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, memenuhi ketentuan vaksinasi sampai tahap booster, pastikan ketika membawa kendaraan dalam keadaan sehat,” imbau Kainde

Demikian juga kendaraan yang digunakan, Kainde berharap baik mobil maupun motor yang dipakai ada dalam kondisi yang laik jalan, serta lakukan istirahat yang cukup maksimal setiap 4 jam sekali pada saat perjalanan jauh.

“Selamat melakukan mudik, lakukan Mudik Selamat agar sampai ditujuan bertemu bersama keluarga dan sanak saudara,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed