by

Gedung Minahasa Raad Akan Dijadikan Depo Arsip

Manado – Permasalahan yang kerap dihadapi, dalam pengelolaan kearsipan daerah, tidak lain banyaknya berkas-berkas yang menumpuk. Hal itu dikarenakan belum adanya gedung khusus untuk menyimpan arsip-arsip penting tersebut. Karenanya, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Sulut berencana menjadikan Gedung Minahasa Raad sebagai depot arsip.

“Dengan adanya depot arsip gedung Minahasa Raad di titik nol (zerro point) kota Manado, diharapkan pengelolaan arsip milik Pemprov Sulut dapat maksimal dilakukan,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Sulut, Janny Lukas, Jumat (25/06/2021) dalam acara Bincang santai bersama wartawan.

Lebih lanjut Lukas menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip dilakukan dengan baik. Terlebih dengan adanya keberadaan depot arsip, seridaknya carut marut dalam pengelolaannya arsip tidak terjadi lagi.

Namun untuk menjadikan depot arsip, pihaknya mengaku butuh dukungan anggaran.

Asisten 2 Sekda Provinsi Sulut, Praseno Hadi yang hadir dalam kegiatan bincang santai ini mengatakan, Dinas Perpustakaan dan Pengarsipan segera menyusun rincian anggaran dan sumberdaya aparatur yang dibutuhkan dan dituangkan dalam bentuk usulan (proposal) ke Gubernur. “Mengetahui pentingnya pengarsipan ini maka saya kira dukungan anggaran dan lainnya akan didapatkan,” pungkasnya.

Sementara itu, dengan adanya pengelolaan arsip yang baik, akan menjadi salah satu penilaian good government, dalam hal penyelengaraan tata kelola pemerintahan yang baik.

Comment

Leave a Reply

News Feed