by

Hari Kedua FGD BPSDM Hukum dan HAM, Sharing Session: Pengukuran Efektivitas Pelatihan

Jakarta – Kegiatan FGD Penyusunan Pedoman dan Instrumen Evaluasi Pasca Pelatihan Teknis yang diselenggarakan oleh BPSDM Hukum dan HAM, memasuki hari kedua, Selasa (21/11/2023).

Kegiatan diawali dengan sharing session terkait  Review Draf Dimensi, Sub Dimensi, Indikator dan Item Instrumen Kuantitatif Evaluasi Pasca Pelatihan Teknis yang dipandu oleh  Ani Wahyu Rachmawati dari BMS Global Consultant dan Dadang Ramadhan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menjadi narasumber via zoom.

Dalam kesempatan tersebut hadir mewakili Balai Diklat Hukum dan HAM Sulut, Kepala Seksi Program dan Evaluasi, Musa Paparang dan Penyusun Laporan Hasil Evaluasi, Margrison.

Pembahasan ini bertujuan mengukur efektifitas  pelatihan  dimana  korelasinya tidak hanya berdampak kepada individu namun juga organisasi, selain itu tidak menutup kemungkinan berdampak pada perubahan perilaku alumni pelatihan.

Hal tersebut mengakibatkan finalisasi pembahasan draf Pedoman dan Instrumen Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP) Teknis masih harus merevisi beberapa hal agar sesuai dengan pengolahan data serta panduan teknis yang disesuaikan dengan rekomendasi dari Lembaga Administrasi Negara (LAN)  sehingga terdapat persamaan persepsi dalam penentuan Pedoman dan Instrumen Evaluasi Pasca Pelatihan (EPP).(***/FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed