by

Keseimbangan Baru Dalam Perekonomian Mulai Terbentuk, Gubernur Olly Bersyukur Ekonomi Sulut Tumbuh di Atas Nasional

Manado – Pertumbuhan ekonomi (PE) Sulawesi Utara menunjukkan progress baik. Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut yang mencatat, ekonomi Sulut di triwulan II 2022 tumbuh 5,93 persen, secara year on year (yoy) atau di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya 5,44 persen.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam pengelolaan keuangan selalu meraih opini tertinggi dari BPK RI, yang menimbulkan kepercayaan kepada pemerintah.(Foto: ist)

Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersyukur atas membaiknya kondisi perekonomian meski pandemi Covid-19 belum usai. Keseimbangan baru dalam perekonomian telah mulai terbentuk.

Dua triwulan sebelumnya, ekonomi Sulut tumbuh di bawah rata-rata nasional. “Kondisi ini harus kita syukuri. Kerja keras dan sinergi kita bersama dalam mengendalikan Covid-19 mulai menunjukkan hasil. Pertumbuhan ekonomi Sulut naik 5,93 persen pada triwulan II-2022. Pertumbuhan ini posisinya berada di atas pertumbuhan nasional yakni 5,44%,” ujar Olly di Manado, Jumat 5 Agustus 2022.

Dalam meningkatkan perekonomian daerah, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bahkan menggagas kerjasama dengan pengusaha Korea Selatan, khususnya di bidang kesehatan.(Foto: ist)

Diketahui, perekonomian Sulut berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku triwulan II-2022 mencapai Rp38,34 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp23,79 triliun.

Gubernur Olly menerangkan, pertumbuhan ekonomi Sulut ini didominasi lapangan
usaha transportasi dan pergudangan yang tumbuh 22,38%.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey didampingi Wagub Steven OE Kandouw bahkan turun langsung ikut kerja bakti bersih-bersih sampah di Kota Manado, untuk keindahan ibukota provinsj.(Foto: ist)

Sementara dari
sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen Pengeluaran
Konsumsi LNPRT (Lembaga Non Profit yang Melayani Rumah Tangga) yang mengalami pertumbuhan sebesar 8,74 persen.

Adapun ekonomi Sulut triwulan II-2022 secara quarter-to-quarter mengalami pertumbuhan sebesar 5,13 persen.

Lanjut Olly, dari sisi produksi, sebagian besar lapangan usaha tumbuh positif dengan pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha Administrasi Pemerintahan, Pertahanan, dan Jaminan Sosial Wajib, yakni sebesar 19,93 persen.

Pada sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh Komponen
Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang tumbuh sebesar 27,61 persen.

Secara kumulatif, ekonomi Sulut semester I-2022 dibandingkan semester
I-2021 tumbuh sebesar 4,93 persen. (Advertorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed