KPU Minahasa Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pilkada Minahasa 2018

Minahasa – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Minahasa tahun 2018, Minggu (18/02) sore, bertempat di Taman God Bless Minahasa Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano, dan dihadiri langsung kedua pasangan calon (Paslon), yakni nomor urut 1, Ivan SJ Sarundajang dan Careigh Naicel Runtu (Ivansa-CNR), serta Royke Roring dan Robby Dondokambey (RR-RD) beserta pendukungnya masing-masing.

Komisioner KPU Minahasa Ketua Divisi SDM dan Permas Kristoforus Ngantung SFils mengatakan, Pilkada serentak adalah bagian dari instrumen memperkokoh persatuan dam kesatuan bukan sebaliknya.

“Ikrar pasangan calon pada saat ini dalam Deklarasi Kampanye Damai, haruslah menjadi ikrar bagi tim kampanye dan pendukung, dengan harapan terwujudnya rakyat Minahasa yang aman, sejahtera dan jaya. Kasih Setia Tuhan senantiasa menyertai,” ujarnya sembari memekikkan salam “Payangka…!”.

Selanjutnya, Ketua Panitia Penyelenggara yang juga selaku Sekretaris KPU Minahasa Dr Meidy Malonda MAP mengatakan, kegiatan ini terselenggara berdasarkan undang-undang dan edaran KPU Pusat, khususnya Kabupaten Kota dan Provinsi yang melaksanakan Pilkada. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Doa oleh para pemimpin agama yang ada di Minahasa secara bergantian.

Orasi Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi yang disampaikan oleh Komisioner KPU Dra Wiesje Wilar MSi meminta untuk stop kampanye SARA, Politisasi SARA, Hoax dan Money Politik, yang kemudian dilanjutkan orasi Ketua Panwaslu Minahasa Donny Rumagit SH, dimana dirinya meminta kepada Paslon untuk dapat mematuhi aturan, seperti pemasangan Alat Peraga Kampanye dan menghimbau untuk memperingati pendukungnya.

“Hentikan hoax, hentikan Politik Uang, mari santun berkampanye dan menyatakan pendapat, jangan menyebarkan berita hoax karna dapat dipidana 6 tahun atau menjanjikan atau memberikan uang akan dipidana 3 sampai 6 tahun penjara dan denda sampai 200 juta rupiah, jika terbukti maka akan Paslon dapat didiskualifikasi. Mari sama sama wujudkan pemilu yang bersih dan berintegritas. Elemen masyarakat diminta berpartisipasi aktif dalam mengawasi Pilkada, sehingga dapat berjalan aman, damai dan bersih, kredibel dan tidak ada kecurangan,” pungkasnya.

Sementara, sambutan Ketua KPU Sulut yang diwakili oleh Komisioner Vivi George, mengajak untuk sukseskan Pilkada di Minahasa tahun 2018. “Mari berkampanye sampai 23 juni mendatang, setelah memasuki masa tenang, pastikan 27 juni 2018 berada di TPS,” pintanya.

Kegiatan dilanjutkan pembacaan ikrar dan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai, pelepasan balon dan burung merpati, serta Roadshow yang dilepas oleh Mewakili Bupati Minahasa Sekda Jeffry Korengkeng SH MSi, dan Komisioner KPU Dicky Paseki SH MH.

Hadir dalam kegiatan ini Komisioner KPU Minahasa, Lord Ch Malonda SPd, Panwaslu Minahasa Erwien Sumampouw, Rendy Umboh, Kapolres Minahasa AKBP Chris Pusung, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Jubert Nixon Purnama, Kapoltabes Manado, Kapolres Tomohon, pimpinan Partai Golkar, PKPI, Nasdem, PDIP, Hanura, Demokrat dan Gerindra, Tokoh Agama dan undangan lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply