by

Lumentut Terima Kunjungnan Konjen AS

Walikota Manado, GS Vicky Lumentut saat menerima kunjungan Konjen AS di ruang kerjanya.
Walikota Manado, GS Vicky Lumentut saat menerima kunjungan Konjen AS di ruang kerjanya.

Manado – Walikota Manado, Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA, Senin 1 Juli 2013, usai menghadiri HUT Bhayangkara ke-67 di Mapolda Sulut, di ruang kerja Walikota menerima Kunjungan Kenegaraan Konjen Amerika Serikat untuk Surabaya, Joaquin F. Monserrate.

Walikota menjelaskan sejumlah kemajuan, keunggulan dan tantangan pemerintah kota Manado, antara lain pengakuan atas kemajuan kota Manado dan keberhasilan meraih penghargaan piala Adipura, PIAK, LAKIP, piala Kota Sehat, opini WDP, dan sejumlah penghargaan lainnya.

Walikota menyampaikan permasalahan yang dihadapi kota Manado, antara lain banjir sampah, banjir air dan banjir kendaraan.

“Sejumlah program telah dilakukan untuk mengatasinya, antara melalui program PBL Mapaluse, Jumpa Berlian, dan Hari Tanpa Kendaraan Bermotor. Di bidang kebersihan, kota Manado telah mendapat piala Adipura 7 kali berturut-turut,” kata Walikota pilihan rakyat ini.

Konjen sangat terkesan dengan penjelasan Walikota, lalu ia melihat piala Adipura. “Bagus sekali upaya yang dilakukan, sehingga Manado mendapat pengakuan dan meraih banyak penghargaan,” ujar Konjen.

Dalam penjelasannya, Konjen ingin membantu kota Manado melalui program Millenium Challenge Corporation (MCC). Menurut Konjen, MCC bertujuan untuk mendanai atau mendukung kegiatan yang kemungkinan menyebabkan ancaman terhadap lingkungan, kesehatan, dan pendidikan atau kegiatan lainnya di bidang pertanian dan kehutanan.

“Kami sangat menikmati suasana Bunaken dan kota Manado. Manado bisa dikembangkan menjadi pusat pariwisata, kesehatan, pendidikan dan perdagangan. Kami sangat optimis dan siap membantu kota Manado,” kata Joaquin.

Walikota minta kepada Joaquin agar dapat memfasilitasi warga kota Manado dalam upaya melakukan transfer pengetahuan ke AS untuk meningkatkan kualitas SDM, khususnya kualitas lingkungan, kesehatan dan pendidikan, sehingga bisa berimplikasi terhadap peningkatan kesejahtraan. Usai pertemuan, Konjen menikmati bubur Manado bersama Walikota. “Saya sebelum datang di Manado diberitahu oleh teman untuk makan bubur Manado di Wakeke. Saya berterima kasih kepada Walikota yang telah menghidangkannya untuk saya, dan ternyata rasanya sangat enak.” ujar Joaquin.(humas)

News Feed