by

Minahasa Tuan Rumah HPS Tingkat Provinsi Sulut Ke-34

Minahasa – Kabupaten Minahasa menjadi tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ke-34 tahun 2014, dipusatkan di gedung Wale Ne Tou Tondano, Selasa (25/11).

Dalam laporannya, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Sulut, Sandra Moniaga mengatakan, tujuan tujuan HPS ke-34 untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat bersama stakeholder terkait, tentang pemenuhan kebutuhan pangan bagi masyarakat.

“Sehingga kedepan diharapkan masyarakat, khususnya Sulut, dapat menghasilkan sumber daya lokal dalam rangka diservasi pangan,” ujar Moniaga.

Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi sendiri, dalam sambutannya mengatakan, pangan merupakan hal yang paling mendasar dalam kelangsungan hidup manusia. Sehingga, sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk mewujudkan ketersediaan pangan demi kesejahteraan masyarakat.

“Kondisi pangan di Minahasa menunjukkan perkembangan yang cukup baik. Ketersediaan stok beras lokal sampai dengan Oktober 2014, surplus sebesar 1.374,5 ton. Disisi lain, kebutuhan cabe sangat tinggi yang dapat mempengaruhi inflasi daerah, maka sejak bulan Februari telah dilaksanakan kerjasama dengan Bank Indonesia dalam menunjang Minahasa sebagai Kabupaten Cabe,” terang JWS.

Sementara, Gubernur Sulut diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs Sanny Parengkuan MAP menegaskan bahwa, momentum HPS harus menjadi pendorong  bagi pemerintah dan masyarakat untuk menjaga ketersediaan pangan dan belajar untuk gerakan 1 kali tanpa nasi dalam 1 minggu.

“Budayakan gerakan tanpa nasi, minimal satu minggu sekali agar ketersediaan pangan kita senantiasa terjaga,” pungkasnya.

Acara ini dihadiri juga Ketua TP PKK Minahasa, Dr Olga Sajow-Singkoh, Kepala BKP Minahasa, Ir Nelwan J Runtukahu, para jajaran PNS dan pejabat Pemkab Minahasa, para Kelompok Tani dan Nelayan se- Sulut, TP PKK Kecamatan dan Kelompok P2KP se-Minahasa.

Dalam kegiatan ini juga digelar lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal yang diikuti 15 Kabupaten/ Kota se-Sulut.

Adapun hasil lomba cipta menu yakni, Juara 1 Kabupaten Minahasa, juara 2 Kota Kotamobagu, juara 3 Kabupaten Bolmong, juara 4 Kabupaten Bolmut dan juara 5 Kota Manado.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed