by

Ngobrol Bareng Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM Dengan Taruna/i Yang Sedang PKL

Manado – Rangkaian Kunjungan Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM di Sulawesi Utara berlanjut, usai membuka Pelatihan Kesampataan Akt IX yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM, M. Hilal memberi penguatan kepada 41 Taruna/i tingkat dua dari Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) yang sedang menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Sulawesi Utara serta Taruna/i dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotamobagu yang menyaksikan secara virtual, Rabu (10/7/2024). /

Dalam penguatan tersebut Ses BPSDM juga berdiskusi, tanya jawab dan sharing pengalaman dengan Taruna/i.

Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM didampingi oleh  Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut, John Batara, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Aris Munandar dan Kepala Divisi Keimigrasian, Syamsul Efendi Sitorus serta Kepala Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara, Wahju Prihandono dan para pejabat struktural Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara.

Kegiatan diawali dengan penyambutan dari Plh Kakanwil Kemenkumham Sulut. “Selamat datang Sekretaris BPSDM Hukum dan HAM di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, terima kasih sudah meluangkan waktu disela kesibukan acara kunjungan bapak masih bersedia untuk memberikan penguatan kepada taruna/i yang sedang melakukan PKL di wilayah Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara,” ucap John Batara.

Dalam arahannya Ses BPSDM, M Hilal menyampaikan kepada para Taruna Taruni untuk selalu menjaga nama baik kampus  Poltekip & Poltekim serta Kementerian Hukum dan HAN, hindari berpergian ke tempat-tempat yang dapat mencemarkan nama baik kampus, gunakan seragam saat berkegiatan berada di luar kampus. M Hilal juga mengingatkan untuk selalu bersikap baik kepada siapapun, selalu hormat kepada senior dan mengayomi kepada junior, mengutip quotes dari Kepala BPSDM Ke-9.

“Kita mulai dari sini tapi kita tidak tahu berakhir dimana dan tidak akan pernah tahu dipertengahan jalan  bertemu dengan siapa, jadi tetap bekerja dengan baik dan berbuat baik  dengan siapapun karena kita tidak tahu siapa yang akan mengantarkan kita ke puncak,“ ucap Sekretaris BPSDM, M Hilal.

Pada kesempatan yang sama taruna/i membagi pengalaman PKL di Sulawesi Utara dalam mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di kampus.

“Gunakan kesempatan yang berharga ini untuk lebih mengenal budaya setempat, jadikan pengalaman berharga untuk semakin mendewasakan diri, semakin banyak pengalaman kita, maka kemampuan mengenal berbagai situasi akan lebih dalam,” tutup M Hilal.(***/FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed