by

PDAM Tomohon Sektor Penting Perputaran Ekonomi Rakyat

Tomohon – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon komit dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekenomian masyarakat. 

Hal itu diungkapkan Direktur PDAM Kota Tomohon, Freddy Tumurang belum lama ini.

“Kontribusi PDAM untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tentunya yang akan kami lakukan adalah bagaimana mau menjamin tentang ketersediaan air untuk seluruh masyarakat, terutama para pelanggan PDAM Kota Tomohon,” jelasnya.

Menurutnya, hal ini merupakan hal yang penting dalam rangka menggerakkan roda perekonomian, bahkan didalamnya mau meningkatkan pendapatan daripada masyarakat itu sendiri.

“Jadi pada dasarnya, PDAM itu harus maksimal di dalam melayani masyarakat. Terutama sekali lagi mau menjamin akan ketersediaan air, demi kesejahteraan masyarakat,” ujar Tumurang.

Dalam menjalankan tugas, ia mengakui dari sisi manajemen keuangan, dalam pengelolaannya dilakukan secara transparansi. 

“Memang untuk saat ini kita disini ada sistem yang diberlakukan dalam mengelola akan keuangan. Ini semuanya tentu untuk mengatur alur daripada keuangan itu sendiri bisa transparan dan berjalan dengan baik,” terangnya.

Tumurang mengatakan, terkait keuangan, pihaknya dipantau oleh sejumlah instansi terkait.

“Kita pun saat ini untuk masalah keuangan, dipantau dan selalu diperiksa oleh instansi terkait, dalam hal ini ada inspektorat, BPKP, yang reguler itu setiap tahun. Ini tentu dengan tujuan untuk menata keuangan yang ada di perusahaan, supaya itu lebih baik dan lebih transparan,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tomohon berharap, pengelolaan BUMD perlu dioptimalkan agar benar-benar menjadi kekuatan ekonomi yang handal.

“Sehingga dapat berperan aktif, baik dalam menjalankan fungsi dan tugasnya, maupun sebagai kekuatan perekonomian daerah,” kata Sekretaris Kota Tomohon, Edwin Roring.

Dirinya menambahkan, bahwa tujuan didirikannya BUMD adalah untuk mendapatkan pendapatan lain di luar pajak, serta membantu pembangunan daerah yang dapat memajukan perekonomian daerah dan nasional

“Sehingga dapat memenuhi kebutuhan rakyat dan tercipta masyarakat adil dan makmur,” tandasnya.(mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed