by

Wakili Bupati, Tumundo Buka Roadshow Gernas 1000 Startup Digital GAMKI Minahasa

Minahasa – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kabupaten Minahasa, menggelar roadshow Gerakan Nasional (Gernas) 1000 Startup Digital, bertempat di Minteng Cafe dan Rasto Tompaso, Jumat (11/09) sore.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Agustivo Tumundo SE MSi ini, turut dihadiri Camat Tompaso Stenly Umboh SSTP MAP, dan diawali dengan video arahan Menteri Kominfo RI Johnny G Plate dan sambutan Ketua DPC GAMKI Minahasa Helty Rorimpandey MKes.

Selesai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan secara virtual oleh Plt Sekretaris Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo Slamet Santoso SH MM dan Wakil Direktur IPDN Kampus Sulut Suraji SSos MAP.

Kemudian digelar Diskusi Panel dengan Nara Sumber Piet Hein Pusung (Founder @kotamanado), Lady Giroth (VP Satu Tampa) dan Maria Silangen (Cofounder PIJAR), dengan pengantar Diskusi oleh Ketua HIPMI Minahasa drg Hizkia Sembel MKes dan Moderator Leyne Sagay.

Sementara, Bupati ROR dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kadis Tumundo, mengapresiasi kegitan yang diprakarsai oleh GAMKI Minahasa yang didukung oleh Kemenkominfo RI ini. Dia berharap, melalui kegiatan ini, dapat membangun ekosistem digital khususnya di Kabupaten Minahasa, dengan hadirnya para startup founder.

Dikatakan Bupati bahwa perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan hadirnya e-commerce, online media, online travel, dan jasa tranportasi telah memacu perkembangan ekonomi digital di indonesia yang terus naik dari tahun ke tahun.

“Jasa financial technology mengalami perkembangan pesat dengan munculnya berbagai perusahan seperti dana, gopay, ovo, link aja dan lain-lain. jasa e-commerce semakin marak dengan hadirnya platform seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan lainnya. gojek dan grab kini berkembang menjadi pelaku on demand transportation terkuat di indonesia. proses pembelian tiket transportasi pun kini sudah menggunakan online travel agency layaknya traveloka dan aplikasi lainnya. begitupun dengan hadirnya para startup founder di Sulawesi Utara dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dari masing-masing daerah” urai Bupati.

Ditambahkan Bupati, bahwa ekonomi digital di era revolusi industri 4.0 ini merupakan tantangan sekaligus kesempatan bagi pelaku usaha termasuk usaha mikro, kecil dan menengah untuk menembus pasar dengan memotong jalur distribusi produk hingga ke konsumen melalui teknologi digital.

Diharapkan Bupati, melalui kegiatan ini akan tercipta talenta-talenta digital yang berkualitas dan berdaya saing, selaras dengan upaya mewujudkan minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil dan sejahtera.

Akhir dari kegiatan tersebut dilakukan tanya jawab dengan peserta secara virtual dan penyerahan cendramata.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed