by

Pejabat Eselon II Jadi Petugas Apel Kerja ASN Minahasa

Minahasa – Ada yang menarik dalam pelaksanaan Apel Kerja ASN Awal Bulan Agustus di lingkungan Pemkab Minahasa yang berlangsung pada Senin, 1 Agustus 2022 di halaman Kantor Bupati Minahasa, Tondano.

Menariknya, dalam Apel Kerja tersebut disamping Pembina Apel dipercayakan kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Robert Muntu SSos, para petugas Apel Kerja lainnya juga dipercayakan kepada para pejabat Eselon II di lingkungan pemerintahan Kabupaten tertua di Provinsi Sulawesi Utara ini.

Adapun para pejabat Eselon II yang mendapat kepercayaan tersebut terdiri dari Inspektur Daerah Maudy Lontaan SSos ditugaskan menjadi Pemimpin Apel, Staf Ahli Bupati Bidang Ekkeubang Drs John W Kapoh, MSi menjadi Perwira Apel, Kepala Dinas Perdagangan Drs. Jorry Gumansing menjadi Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Drs. Melky Luvy Rumate MSi menjadi Pembaca Panca Prasetya KORPRI, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs Riviva Maringka MSi sebagai Pembaca Doa, dan Kepala BKPSDM Drs Moudy Pangerapan, MAP menjadi Pembawa Acara. Satu-satunya pejabat Eselon III yang turut mendapat tugas dalam Apel Bulanan ini yaitu Camat Tondano Timur Thelma Torar SSos dipercayakan sebagai dirigen atau Pemimpin Lagu Indonesia Raya.

Dalam Amanat Pembina Apel, Sekdakab Frits Robert Muntu membacakan sambutan tertulis Bupatj Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring, MSi yang menyampaikan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 H bagi umat muslim yang merayakannya.

“Masjh dalam suasana sukacita bagi umat muslim yang merayakan tahun baru 1444 hijriah, maka Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama keluarga Roring-Lumanauw, dan Wakil Bupati Minahasa Dr Robby Dondokambey SSi MM bersama keluarga Dondokambey-Lengkong menyampaikan selamat kepada saudara-saudara umat muslim di kabupaten Minahasa, kiranya makna tahun baru 1444 hijriah akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dikatakan Sekda, memasuki bulan Agustus sebagaimana kita tapaki saat ini, tentu kita akan larut dalam suasana yang berbeda, yaitu suasana proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dimana nuansa “merah putih” kembali menghias pelosok negeri, tidak hanya dengan tampilan ornamen dan kemeriahan semata, tetapi lebih dara pada itu “semangat 45 ” kembali menyegarkan kita semua untuk mencintai negeri ini yang menjadi berkat bagi rakyat Indonesia.

“Karena itu, dalam apel perdana di bulan Agustus ini, menjadi momentum bagi ASN pemerintah kabupaten Minahasa untuk meningkatkan kinerjanya. Kinerja menyangkut aktivitas, kreativitas dan inovasi dalam melaksanakan kegiatan kedinasan agar lebih mudah, cepat dan tepat kepada masyarakat menjadi tugas dan fungsi pemerintah untuk memberikan pelayanan publik dan pembangunan masyarakat” ungkap Sekda.

Diharapkan Sekda agar kerjakan tugas dan tanggung jawab dengan ketulusan, jangan meggangap pekerjaan sebagian suata beban, tetapi jadikan sebagai suatu langkah kebaikan.

Sekda menginstruksikan agar dalam memperingati HUT ke 77 proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022, seluruh Kepala OPD, para Camat dan Lurah/Hukum Tua untuk mengibarkan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul di kantor, depan rumah dan di seluruh fasilitas umum lainnya, serta hiasan ornamen kemerdekaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Apabila masyarakat akan melaksanakan “pesta rakyat” dengan berbagai kegiatan termasuk perlombaan kesenian dan olahraga ataupun kegiatan lainnya, laksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta dalam suasana aman dan tertib. Lakukan koordinasi dengan semua unsur pengamanan yang ada di wilayah kerja masing-masing” tutup Sekda Muntu.

Selesai Apel Awal Bulan, Sekdakab Frits Robert Muntu bersama semua pejabat dan ASN melanjutkan aktivitas mengikuti Ibadah Oikumene Awal Bulan bertempat di Gereja GMIM Sentrum Tondano, yang pimpin oleh Ketua FKUB Kabupaten Minahasa Pdt Dr Evert A A Tangel STh MPdK.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed