by

Pemdes Tonsealama Gelar Musdes RKPDes 2024, Ini Yang Jadi Aspirasi Masyarakat

Minahasa – Pemerintah Desa (Pemdes) Tonsealama Kecamatan Tondano Utara, menggelar Musyawarah Desa dalam rangka menyusun Perencanaan Pembangunan Desa atau Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2024, bertempat di Gedung Serba Guna Tonsealama, Kamis (05/10) pagi.

Hukum Tua Desa Tonsealama, Estefanus Dimpudus AMd mengatakan, Musdes ini dalam rangka menyusun program tahun 2024, mengenai apa yang perlu dilakukan yang menjadi usulan masyarakat, yang sudah dimulai dari tingkat Jaga.

“Dalam Musdes ini kita tinggal mempertajam, kemudian menetapkan apa yang penting dilakukan. Apa yang sudah menjadi usulan masyarakat, tentu akan diperjuangkan agar bisa direalisasikan untuk kesejahteraan masyarakat, bukan kepentingan Kepala Jaga atau Maweteng. Meskipun, semua program ini tentu harus disesuaikan dengan anggaran,” terang Dimpudus.

“Bila ada usulan yang belum terakomodir karena keterbatasan anggaran, maka hal itu akan ditampung dan diupayakan dilaksanakan pada tahun sepanjutnya. Terpenting adalah, kita melaksanakan apa yang menjadi skala prioritas dan sudah harus segara dikerjakan,” pungkasnya.

Sementara, Camat Tondano Utara, Thelma S Torar SSos dalam sambutanya menyampaikan bahwa, Musdes ini berkaitan dengan usulan. Sehingga, Pemdes wajib mengakomodir dan membahasnya, kemudian menetapkan mana yang prioritas dilaksanakan.

“Apa yang sudah disampaikan dalam musyawarah di tingkat Jaga, diharap itu adalah usulan yang memang menyangkut kebutuhan masyarakat dan bukan kepentingan kelompok atau perorangan. Pengalaman tahun sebelumnya tentu menjadi acuan dalam penyusunan rencana pembangunan di tahun selanjutnya,” kata Torar.

Menurutnya, anggaran yang nanti diberikan Pemerintah Pusat dan Daerah, mampu ditata dan dikelola dengan baik, agar benar-benar bermanfaat untuk mempermudah jalannya roda pemerintahan dan kemasyarakatan, serta mensejahterakan masyarakat.

“Apapun hasilnya nanti, sekali lagi saya tegaskan, itu harus mensejahterakan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Adapun yang menjadi aspirasi masyarakat yang telah diusulkan mulai dari tingkat Jaga pada umumnya diantaranya, pembangunan drainase, lanjutan jalan paving, Posyandu Balita hingga Lansia, pengembangan fasilitas pendidikan, dan hal lainnya.

Turut hadir, Kapolsek Toulimambot, Ipda Rivi Tawaluyan SH, Danramil Tondano Kapten Inf Donny Lumentah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Tonsealama, Julius Tampi SPd, Sekdes Tonsealama Neni Tumengkol, Pendamping Desa Gusti Wahyuni, Kader KPM Metriani Pangalila, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Perangkat Desa dan masyarakat.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed