by

Pemkab Minahasa Beri Pemahaman Soal Galian C Pada Masyarakat

Minahasa – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat Minahasa soal penambangan galian C non logam, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Bagian Sumber Daya Alam (SDA) Setdakab Minahasa, adakan Fasilitasi dan Koordinasi Pengelolaan Penambangan Galian C, Selasa (10/03), di Ruang Sidang Kantor Bupati, Tondano.

Acara yang dibuka olah Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa, Dr Wilford S Siagian MA mewakili Bupati Minahasa ini diikuti oleh perutusan SKPD, para Camat, Lurah serta Hukum Tua se-Minahasa dan diawali dengan laporan kegiatan oleh Kepala Bagian Administrasi SDA Setdakab Minahasa, Mekry Sondey SE MSi.

“Kegiatan yang merupakan program pembinaan dan pengawasan bidang pertambangan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta tentang penambangan galian C dan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dalam pengelolaan Galian C, yang tentunya pengolaannya harus sesuai mekanisme aturan yang berlaku,” terang Sondey.

Sementara, Bupati Minahasa melalui Asisten II Dr SW Siagian MA mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya penataan dan pengendalian pertambangan khususnya Galian C agar tidak menjadi bumerang, konflik ataupun masalah dalam kehidupan bermasyarakat.

“Galian C menjadi potensi daerah dalam mengingkatkan PAD Kabupaten Minahasa, maka hal ini perlu dikelola dengan baik. Lebih dari pada itu keseimbangan dan stabilitas lingkungan harus diperhatikan dan dijaga,” ujarnya sembari berharap agar masyarakat dapat berkoordinasi dalam pengelolaan pertambangan, minimalisasikan tumpang tindih dalam pengelolaannya, agar potensi ini dapat bermanfaat, meningkatkan income masyarakat dan daerah dan terus mengingat untuk menjaga lingkungan tetap lestari dan mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Adapun nara sumber kegiatan ini, diantaranya Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Minahasa, Drs Donald Wagey MBA.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed