by

Pemkab Minahasa Gelar Rakor Monitoring Pelaksanaan Bantuan Beras Masyarakat Sejahtera

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Bagian Perkonomian Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa gelar rapat koordinasi (Rakor) dan Monitoring, Pelaksanaan Bantuan Beras Masyarakat Sejahtera (Rastra), bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Kamis (01/03) siang.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, diwakili Kepala Dinas Sosial Kabupaten Royke Kaloh SH, saat membuka kegiatan ini mengatakan, Program Rastra ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga kurang mampu.

“Untuk mencapai keberhasilan pelaksanaan Rastra, hal ini diukur berdasarkan tingkat pencapaian indikator yaitu, tepat sasaran, tepat jumlah, tepat waktu, tepat administrasi dan tepat kualitas. Karena penyaluran Rastra sudah tidak di kenakan biaya atau gratis, maka pengelolaan rastra didasarkan pada prinsip keberpihakan KPM (Keluarga Penerima Manfaat, red), untuk memperoleh beras berkualitas baik, cukup sesuai alokasi dan terjangkau, transparansi, partisipatif dan akuntabilitas,” jelasnya.

Sementara, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setdakab Minahasa Mekry Sondey SE MSi, dalam laporanya menyampaikan bahwa, Kabupaten Minahasa memperoleh pagu Rastra sebanyak 194.900 Kilogram, dengan Rumah Tangga Sasaran (RTS) sebanyak 19.490 Kepala Keluarga yang akan menerima Rastra selama 12 bulan.

“Yang menjadi pembahasan utama dalam Rakor ini yakni tentang penyaluran Rastra di Minahasa yang semakin membaik, yakni sesuai laporan Bulog realisasi 2017 mencapai 100 persen,” pungkasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri mewakili Kepala Perum Bulog Divre Sulut Gorontalo Andy, Kepala BPS Minahasa Leopold Rawung dan diikuti oleh para camat, Lurah dan Hukum Tua se-Minahasa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed