by

Pemkab Minahasa Juga Terapkan Sistem Drive Thru Percepat Proses Vaksinasi

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Dinas Kesehatan, menggelar proses vaksinasi massal bagi kelompok masyarakat dengan penerapan sistem Drive Thru, bertempat di Monumen Benteng Moraya, Sabtu (20/03).

Vaksinasi ini dipantau langsung Bupati Minahasa DR Ir Royke Octavian Roring. Dia mengatakan, sistem Drive Thru ini adalah langkah yang diambil oleh Pemerintah dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi.

“Tentu pelaksanaannya dengan sejumlah cara agar prosesnya juga lebih aman. Cara ini ROR sudah diterapkan di beberapa wilayah di Indonesia. Program ini merupakan terobosan, karena sistem vaksinasi dengan cara seperti ini membuat masyarakat tanpa harus keluar dari kendaraan bermotornya,” kata ROR.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan dr Maya Rambitan MKes, ketika dikonfirmasi terpisah mengatakan, dalam pelaksanaan vaksinasi dengan sistem Drive Thru ini, Dinkes telah menyiapkan vaksin untuk 500 orang, dengan sasaran pelayan publik, dan tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat yang ikut serta dengan pelayan publik tersebut.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi dengan cara Drive Thru ini berjalan lancar hingga sore hari. Vaksinasi seperti ini kata dia, dinilai dapat memperkuat anti body bagi pelayan publik di Tanah Minahasa.

“Vaksinasi dengan sistem Drive Thru ini memudahkan pelayan publik mengikuti proses vaksinasi, karena tidak perlu turun dari kendaraan. Sebab, ada petugas medis yang melayani dari pendataan hingga penyuntikan,” kata Rambitan.

“Penyuntikan vaksin Drive Thru didalam kendaraan ini dilakukan tenaga medis dari Puskesmas Koya dan tenaga kesehatan dari RS Siloam Sonder. Vaksinasi ini kita harapkan dapat membuat kita terhindar dari penyebaran COVID-19, dengan terbentuknya anti body dalam tubuh untuk melawan virus tersebut,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed