by

Pemkab Minahasa Upayakan Pilhut Serentak Tahap III Digelar Tahun InI

Minahasa – Sempat mengalami penundaan pada tahun 2020 lalu disebabkan adanya pandemi COVID-19, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa mengupayakan agar pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) serentak tahap III dapat dilaksanakan.

Hal ini diungkap Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa, Dr Denny Mangala MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Kamis (26/03) sore. Hal ini dikatakannya, menyusul adanya penurunan angka orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Minahasa.

“Setelah mencermati perkembangan COVID-19 di Minahasa yang semakin baik karena semakin menurunnya angka orang terkonfirmasi positif, maka Pemkab Minahasa mengupayakan akar Pilhut Serentak di Minahasa dapat dilaksanakan tahun ini,” ungkap Mangala.

Namun demikian, Mangala menyebutkan bahwa, Pemkab Minahasa masih memikirkan soal waktu yang tepat mengenai tahapan pelaksanaan Pilhut termaksud. Mengingat, ada juga kegiatan pemilihan Pelayan Khusus (Pelsus) untuk warga GMIM di bulan Oktober mendatang, yang mana waktu biasanya tahapan Pilhut berlangsung.

“Kami tentu harus mengatur agar waktu pelaksanaan Pilhut tidak bertabrakan atau bersinggungan dengan pelaksanaan pemilihan Pelsus bagi warga GMIM. Nah, apakah Pemkab akan menggelar Pilhut sesudah pemilihan Pelsus atau sebelum, yang jelas Pilhut akan dilakukan tahun ini juga,” pungkasnya.

Sementara, untuk pelaksanaan Pilhut tahap III, yang mengacu pada Undang-undang nomor 06 tahun 2014 tentang Desa, dimana Pilhut serentak dilaksanakan paling lama selama enam tahun dan dalam tiga tahap, di Minahasa sendiri ada 102 Desa yang akan melaksanakan Pilhut Serentak Tahap III.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed