by

Pemkot Tomohon Dinilai Tim Verifikasi Kota Sehat

Tomohon – Dalam rangka penilaian penghargaan Swasti Saba, Tim verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia melakukan verifikasi lapangan di Kota Tomohon, Jumat (08/10/2021).

Wakil Walikota Tomohon Wenny Lumentut pada kesempatan ini mengatakan Kota Tomohon memiliki label khusus sebagai Kota Pendidikan dan Kota Religius, jadi pemerintah berupaya semaksimal mungkin menjaga masyarakat sehat lahir batin, jasmani dan rohani.

“Tomohon merupakan pusat keagamaan, dengan berbagai denominasi agama yang ada, hal itu menciptakan toleransi yang amat tinggi di Kota Tomohon.
Saya mengapresiasi tim verifikasi karena Tomohon satu-satunya yang dinilai dari 15 Kab/Kota se-Sulut. Perlu kami sampaikan bahwa saat ini Tomohon juga sudah 75 persen masyarakat yang divaksinasi,” kata Wenny.

Untuk diketahui Kota sehat adalah suatu kondisi Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Penyelenggaraan Kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan Kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat melalui forum yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Kota Tomohon pada tahun 2013 sudah berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa, 2015 meraih Swasti Saba Wiwerda, 2017 meraih Swasti Saba Wistara, 2019 meraih Swasti Saba Wistara kedua dan di tahun ini kita berusaha mempersiapkan untuk penilaian/verifikasi Wistara ketiga, sehingga diharapkan peran serta dari lintas Perangkat Daerah dan seluruh masyarakat Kota Tomohon.

Dihadiri juga Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Erens Kereh, AMKL, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring, Ketua Tim Verifikasi Donald Simanjuntak bersama Tim, Ir Freddy Kaligis selaku Karo Kesra Setda Pemprov Sulut, serta jajaran Pemerintah Kota Tomohon lainnya. (mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed