Penulis: Dr Christian Wahyu Lasut MA MTh MPd,
- Dosen STT Parakletos Tomohon
- Dosen Sekolah Tinggi Agama Kristen Apollos Manado
- Guru di SD INPRES SUWAAN
- Guru Pamong UNIVERSITAS NEGERI MANADO
BEREDARNYA isu tentang kurikulum deep learning full full, hal ini menimbulkan pertanyaan apakah akan berganti kurikulum? Apakah Kurmer akan berganti menjadi kurikulum deep learning full full? Akan tetapi Prof. Abdul Mu’ti Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Ia membantah bila deep learning adalah sebuah kurikulum, tetapi pendekatan belajar. Deep learning itu bukan kurikulum. isu yang beredar terkait kehadiran kurikulum ful-ful (mindful, meaningful, dan joyful). Berdasarkan data dari https://www.detik.com. Devita Savitri.
Apakah deep learning benar-benar sebuah pendekatan dalam pembelajaran? Pembelajaran deep learning, merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara secara efektif dan efisien. Hal ini karena, deep learning bermuara pada terciptanya pembelajaran yang berkualitas dan bermakna.
Selain itu, penilaian pendidik terhadap peserta didiknya dalam deep learning dilakukan sejak tahapan perencanaan, pelaksanaan, hingga akhir kegiatan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan peserta didik dari sejak pra kegiatan, hingga pasca kegiatan. Pendekatan pembelajaran deep learning sejalan dengan pengembangan keterampilan Abad ke-21 yang mendukung pada terciptanya iklim belajar yang mampu mengoptimalkan kompetensi peserta didik dalam menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta berbagai fakta, konsep, prosedur, serta metakognisi pengetahuan yang dipelajarinya. (Muhamad Tisna Nu graha, Aan Hasanah. Membentuk Karakter Kepemimpinan Pada Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Deep Learning. Jurnal Al-Hikmah Vol 3, No 1 (2021).
Menurut Pandey (2017), deep learning adalah cabang dari algoritma machine learning sebagai berikut : Menggunakan banyak lapisan unit pemrosesan non-linear untuk ekstraksi fitur serta transformasi. Output dari setiap lapisan berturut-turut adalah input dari lapisan sebelumnya. Deep learning adalah seperangkat algoritma dalam machine learning yang berusaha belajar dalam berbagai level, sesuai dengan tingkat abstraksi yang berbeda. Ini biasanya menggunakan jaringan syaraf tiruan.
Tingkat dalam model statistik yang dipelajari ini sesuai dengan tingkat konsep yang berbeda, di mana konsep tingkat yang lebih tinggi ditentukan dari tingkat yang lebih rendah, dan konsep tingkat yang lebih rendah dapat membantu untuk mendefinisikan banyak konsep tingkat yang lebih tinggi (Deng & Yu, 2014). Pandey 26 Nov 2019.
Berangkat dari pendekatan deep learning yang didalamnya mindful, meaningful, dan joyful, yang kemudian menjadi trend dikenal dengan kurikulum ful-ful. Pak Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah kembali menegaskan bahwa deep leraning merupakan pendekatan pembelajaran. Apa sebenarnya mindful, meaningful, dan joyful.
MINDFUL
Maɪndfəl/ Menjadi sadar berarti memberikan perhatian yang saksama atau secara khusus menyadari sesuatu. memberikan perhatian secara sengaja, artinya kita sengaja memberikan perhatian pada sesuatu. Misalnya, saat membaca tulisan ini, apakah Anda menyadari apa yang Anda baca atau hanya membacanya secara otomatis? Sebagian besar pikiran, perasaan, dan perilaku kita terjadi secara otomatis.
Mindful learning sejatinya merupakan turunan dari konsep mindfulness sebuah keadaan psikologis di mana individu secara sadar terbuka terhadap hal baru, peka terhadap berbagai kondisi atau konteks yang berbeda, perbedaan sudut pandang, berpaku pada apa yang sedang terjadi dan memahami segala hal secara implisit (Langer, 2007). Pendekatan mindful learning merupakan pendekatan yang berbasis pada peserta didik di mana proses pembelajaran yang terbentuk lebih menekankan pada pentransformasian suatu konsep ke dalam bentuk baru dengan mengaitkan gagasan yang dimilikinya, pengalamannya dan materi pembelajaran melalui berbagai kegiatan dan suasana pembelajaran yang menyenangkan (Siahaan, 2018).
Mindful learning juga berkontribusi terhadap perkembangan sosial emosional karena selama proses pembelajaran peserta didik secara sadar akan mengelola dan menerima berbagai perasaan dan emosi yang datang (Bakosh et al., 2016). Pendekatan mindful learning beririsan dengan teori belajar konstruktivisme sehingga tahap-tahap pendekatan mindful learning bisa dipetakan ke dalam tiga tahapan yakni tahap informasi (penerimaan materi pembelajaran melalui kegiatan perluasan, pendalaman, ataupun pengaitan materi dengan pengalaman dan kehidupan sekitar), tahap transformasi (proses perubahan atau pentransformasian pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan ke dalam bentuk baru baik itu abstrak maupun konseptual) dan tahap evaluasi (penilaian atau penelaahan kembali apakah gagasan atau bentuk baru yang ada sudah disimpulkan sesuai dengan materi pembelajaran sehingga nantinya bisa ditinjau apakah terdapat kendala atau tidak) (Juliharti et al., 2023). The Effect Of A Mindful Learning Approach On Science And Social Studies (Ipas) Learning Outcomes Among Fifth-Grade Elementary School Students. Putri Laisya Abdurrochim1 *, Nurdinah Hanifah1 , Aah Ahmad Syahid. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/22704. Vol. 8 No. 2 (2024): AGUSTUS.
MEANINGFUL
Meaningful learning, yang dikenal dengan konsep belajar bermakna, dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran menulis cerita (Najib & Elhefni, 2016). Model ini menekankan pada pembelajaran yang berpusat pada pemahaman yang mendalam dan relevansi materi pelajaran dengan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya siswa (Khoeriyah & Mahmudah, 2023). Hakikat dari model meaningful learning adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan penekanan pada pemahaman mendalam, relevansi, dan signifikansi materi pelajaran bagi siswa (Rahmita Yuliana Gazali & Muh. Fajaruddin Atsnan, 2022). Model ini dikembangkan oleh David Ausubel, seorang psikolog pendidikan, dan merupakan konsep penting dalam teori belajar kognitif.
Model ini menekankan pentingnya pembelajaran yang lebih dari sekadar menghafal fakta atau informasi. Siswa didorong untuk memahami konsep-konsep secara mendalam, membuat hubungan antara konsep-konsep baru dan pengetahuan yang sudah ada, serta mengaitkan materi pelajaran dengan pengalaman mereka sendiri (Kumala dkk., 2023). meaningful learning mengakui bahwa siswa secara aktif terlibat dalam konstruksi pengetahuan mereka sendiri (Kumala dkk., 2023). Model Meaningful Learninguntuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Menulis Cerita Ani Sri Mulyani, Mohamad Yudiyanto, Ayuni Sabirin. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Oktober 2023, 9(19),1006-1018.
JOYFUL
Joyful menurut Oxford English Dictionary adalah “ kind of feeling, expressing and causes great pleasure”. Sedangkan Joyful Learning adalah sebuah pendekatan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang membuat pembelajar merasa nyaman (feel pleasure) yang merupakan bagian dari proses atau strategi pembelajarannya. Joyful Learning merupakan metode pembelajaran yang melibatkan rasa senang, bahagia, dan nyaman dari pihak-pihak yang sedang berada dalam proses belajar mengajar. Di sini terdapat keterikatan cinta dan kasih sayang antara guru dan peserta didik maupun antar peserta didik.
Keterikatan hati di dalam proses belajar mengajar akan membuat masing-masing pihak berusaha memberikan yang terbaik untuk menyenangkan pihak lain. Guru dengan semangat menggebugebu akan berusaha optimal memimpin kelas dengan cara yang paling menarik, sedangkan peserta dengan antusias dan berlomba-lomba ikut aktif ambil bagian dalam setiap kegiatan. Dengan demikian, Joyful Learning menjadi sarana yang membuat guru maupun peserta didik menjadi betah menjalani sesi demi sesi pelajaran sehingga hasilnya akan maksimal.
Joyful learning sebenarnya merupakan strategi, konsep dan praktik pembelajaran yang merupakan sinergi dari pembelajaran bermakna, pembelajaran kontekstual, teori konstruktivisme, pembelajaran aktif (active learning) dan psikologi perkembangan anak. Berdasarkan penelitian Chen, et. al. (2010) dan Kirikkaya, et al. (2010) joyful perception memberikan pengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik. Sejumlah educational games dengan pendekatan joyful learning telah dikembangkan dan didasarkan pada teori dan strategi ilmu pendidikan/pedagogika (Chen & Tsai, 2009; Kebritchi & Hirumi, 2008). Pendekatan Joyful Learning Classroom Learning System (JCLS) telah digunakan untuk membantu anak-anak untuk pembelajaran perkalian dalam matematika. Berdasarkan hasil uji coba dan uji lapangan menunjukkan bahwa JCLS memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran melalui kegiatan hands-on exercises.
Banyak keuntungan yang diperoleh siswa melalui hands-on exercises, salah satunya adalah peserta didik memiliki waktu berpikir lebih lama dalam membangun pengetahuan yang diperoleh. Berdasarkan beberapa penelitian yang menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda yang mengacu pada joyful learning activities memberikan hasil yang positif. Joyful Learning merupakan metode pembelajaran yang melibatkan rasa senang, bahagia, dan nyaman dari pihak-pihak yang sedang berada dalam proses belajar mengajar. Subuh Anggoro. Pendekatan Joyful Learning Pada Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar (Kajian Teoritis Dan Neurosains). Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Joyful_Learning_Semnas_Pendas_2014-libre.pdf
KONKLUSI: Dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat tentunya akan menghadirkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan. Menciptakan pembelajaran yang mengoptimalkan perhatian siswa dan memiliki kesadaran penuh, hal ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk meningkatkan konsentrasi dalam pembelajaran, dan inilah pendekatan pembelajaran secara mindful. Sedangkan pendekatan strategi pembelajaran meaningful konsep belajar bermakna, dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran. Memiliki keterkaitan antara konsep yang dipelajari dengan kehidupan nyata dari siswa itu sendiri. Meaningful learning adalah pendekatan pembelajaran yang menempatkan penekanan pada pemahaman mendalam, relevansi, dan signifikansi materi pelajaran bagi siswa, serta mendapatkan pengalaman baru dari apa yang telah dipelajari dan memiliki dampak. Kemudian pendekatan pembelajaran joyful yang adalah pembelajaran yang berdampak pada aktivitas pembelajaran yang menyenangkan. Pendekatan pembelajaran joyful dapat dilakukan dengan aktivitas pembelajaran yang kreatif, kolaboratif, membangun interaksi, juga bisa melalui permainan. Joyful Learning adalah sebuah pendekatan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang membuat pembelajar merasa nyaman, konsep dan praktik pembelajaran yang merupakan sinergi dari pembelajaran bermakna, pembelajaran kontekstual, konstruktivisme.(***)