by

Pj Bupati Kumendong: Jangan Lagi Ada Kumtua Masuk Penjara Karena Salah Gunakan Dana Desa

Minahasa – Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, menegaskan kepada para Hukum Tua di Kabupaten Minahasa agar jangan sampai masuk penjara hanya karena salah gunakan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD).

Hal ini ditegaskan Pj Bupati Kumendong saat dirinya didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa, Djeneke Kumendong Onibala SH MSA, melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kecamatan Kombi, Lembean Timur dan Eris, yang dipusatkan di Ranowangko Beach Resort, Jumat (20/10) siang.

“Di Sulut sudah ada 9 Hukum Tua yang masuk penjara karena salah mengelola DD-ADD, dan di Minahasa terbanyak. Jadi, jangan sampai lagi ada yang salah mengelola sehingga akhirnya masuk penjara,” tandasnya.

Dirinya kemudian menyampaikan bahwa, Pemerintah Kabupaten Minahasa saat ini sedang mengkaji soal penghasilan tetap para Hukum Tua Perangkat Desa, agar bisa dinaikkan, sehingga bisa lebih sejahtera.

“Siltap sementara kami kaji, dan kami upayakan bisa naik. Untuk itu, para Hukum Tua harus lebih giat dalan mengupayakan pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan. “Terima kasih atas upaya yang maksimal dari para Hukum Tua sehingga pajak bumi dan bangunan bisa lunas 100 persen. Itu bagian dari penilaian kinerja. Yang belum capai, tolong diupayakan lagi agar sebelum jatuh tempo sudah bisa dilunasi,” tukasnya.

Pj Bupati kemudian dalam arahannya mengatakan, dirinya perlu bertemu dengan jajaran di wilayah, agar semua program Pemerintah Kabupaten Minahasa mendapat dukungan dan bisa terealisasi semuanya.

“Ini tentu menjadi waktu yang tepat untuk kita saling berinteraksi, karena keberhasilan Pemkab Minahasa dalam program mensejahterakan masyarakat itu juga berasal dari wilayah,” ujarnya.

Sebelumnya, para Camat seperti Camat Camat Kombi Albertina M
Kumontoy SS MSi, Camat Lembean Timur James Limpele, dan Camat Eris Hendrik Lombogia SSos, mengawali kegiatan dengan laporan kewilayahan, berkaitan dengan situasi dan kondisi wilayah.

Selanjutnya, pertemuan ini dilanjutkan dengan dialog. Dimana, dalam dialog ini, sejumlah masukan dan aspirasi dari jajaran yang mewakili masyarakat pada umumnya, disampaikan seperti, pengembangan destinasi pariwisata dan infrastruktur penunjang, serta sektor pertanian, dicatat dan diupayakan Pemkab Minahasa untuk direalisasikan.

Pada kesempatan ini, Pj Bupati Kumendong juga menyalurkan bantuan sosial bagi korban bencana kebakaran, kepada warga yang terkena dampak.

Turut hadir, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, dan jajaran pejabat eselon II, Kapolsek Kombi AKP Ilham Matulangi SSos, Kapolsek Lembean Timur IPDA Sem Marthin SH, Kapolsek Eris IPTU Andreas Kasim, Danramil Kombi Letda Inf Nataniel Baweleng, Danramil Eris dan Lembean Timur Lettu Farisnop Ompoeo, Kepala Sekolah TK, Sd, SMP, SMA dan SMK, serta Kepala Pusekesmas dan jajaran ASN.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed