by

Sugeng Ingatkan Dampak Pungli Bisa Merusak Ideologi Bangsa

KLABAT – Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, Jumat (1/12/2023), Saber Pungli Satgas Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Polres Minut menggelar Sosialisasi bersama Dinas Pendidikan.

Kapolres Minut AKBP Dandung Putut Wibowo melalui Wakapolres Kompol Sugeng Wahyudi Santoso mengatakan, Pungli dapat merusak sisi ideologi bangsa, kareba sangat bertentangan dengan nilai-nilai pancasila.

“Pungli dapat merusak wibawa pemerintah sehingga dampaknya menimbulkan rasa ketidakpercayaan masyarakat kepada pemerintah itu sendiri,” tutur Wakapolres Sugeng.

Dijelaskan Wakapolres, ketika Pungli terjadi, maka budaya negatif akan terus berkembang dalam sendi kehidupan masyarakat.

“Untuk itu kita berharap para Kepala sekolah (Kepsek) maupun guru-guru yang ada di Minut, sebaiknya tidak melakukan Pungli agar nama baik kita tetap terjaga. Masyarakat dapat berperan serta dalam pemberantasan Pungli, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui media elektronik maupun nonelektronik,” kata sosok pencetus Tim Resmob On The Road (ROTR) di Polresta Manado ini.

Sementara mewakili Pemkab Minut Kepala Inspektorat Stephen Tuwaidan mengatakan, dampak Pungli bagi kehidupan kita sangat merugikan.

“Yang jelas jika sudah terlibat, secara otomatis nama baik juga ikut rusak. Agar penyebaran Pungli bisa diputus, maka Inspektorat membuka pintu bagi siapa saja yang memberikan informasi mengenai Pungli atau ingin bertnya mengenai Pungli,” kata Tuwaidan.

Diadakannya sosialisasi Pungli ini bertujuan untuk menciptakan sinergitas berantas korupsi untuk Indonesia Maju.

Sebelum kegiatan sosialisasi, terlebih dahulu dilakukan kegiatan jalan sehat dan olahraga bersama yang dihadiri Sekda Novly Wowiling serta jajaran Inspektorat dan jajaran Dinas Pendidikan Minut.(***/FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed