by

Christmas Gift OD-SK untuk Warga Sulut, Keringanan Pajak Ranmor 3 Hebat Dilanjutkan

Manado – Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) memberikan hadiah Natal  (Christmas Gift) kepada warga Sulut dalam hal ini wajib pajak kendaraan.

Hadiah ini dalam bentuk Keringanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Diskon PKB lewat Program Keringanan Tiga Hebat Tetap Lanjutkan Pemprov Sulut yang berlaku dari tanggal 4 Desember hingga 15 Desember 2023.

Kepala Bapenda Sulut June Silangen mengimbau warga wajib pajak (WP) untuk memanfaatkan kesempatan berharga ini karena program tersebut hanya berlaku kurang dari dua pekan.

“Karena program keringanan ini ada batas waktunya maka silakan warga memanfaatkannya. Hanya dua pekan berjalan,” kata Silangen.

Warga wajib pajak, diajaknya untuk mendatangi kantor-kantor Samsat (sistem administrasi satu atap), gerai-gerai pelayanan yang ada di kabupaten/kota di Sulut.

Selain di tempat-tempat tersebut, sambungnya, disediakan pula tempat pelayanan mengurus pajak ranmor di Depan Mantos dan Kantor Pusat Bapenda Sulut, jalan 17 Agustus Manado (samping kantor Gubernur Sulut).

“Wajib pajak juga tidak perlu ke samsat kendaraan asal, jika hanya bayar pajak, kecuali wajib pajak yang mau ganti STNK baru bayar ke Samsat kendaraan asal,” terangnya.

Ia menyebutkan, jam pelayanan mengikuti jam kerja perkantoran yakni di Kantor Samsat dan gerai-gerai untuk hari Senin-Jumat jam 09.00-15.00 wita sementara Sabtu jam 09.00-12.00 wita.

Pelayanan di Kantor Pusat Bapenda Sulut Senin-Jumat jam 09.00-14.00 wita sementara Sabtu jam 09.00-12.00 wita. Untuk pelayanan di Mantos Senin-Jumat jam 16.00-19.00 wita sementara Sabtu jam 09.00-12.00 wita.

Diketahui, keringanan dan diskon pajak ranmor tersebut pertama adalah keringanan pokok dan denda PKB (pajak kendaraan bermotor). Untuk pokok PKB (plat hitam/putih milik pribadi dan badan usaha) tahun berjalan dibayar seluruhnya, untuk tahun kedua diberikan keringanan 50 persen persen dari pajak pokok, untuk tahun ketiga diberikan keringanan 60 persen dari pokok pajak, untuk tahun keempat diberikan keringanan 70 persen dari pokok pajak, untuk tahun kelima diberikan keringanan 80 persen dan untuk tahun keenam diberikan keringanan 100 persen.

Untuk denda PKB (seluruh kendaraan) tahun berjalan dibayar seluruhnya sementara tahun yang telah lewat bebas denda 100 persen.

Keringanan kedua, pembebasan pokok dan denda BBNKB (bea balik nama kendaraan bermotor). Seluruh kendaraan kepemilikan kedua dan seterusnya diberikan pembebasan pokok dan denda BBNKB sebesar 100 persen.

Keringanan ketiga, diskon pokok PKB. Untuk kendaraan plat hitam/putih yang belum membayar 1-30 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon 5 persen, 31-60 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon 7,5 persen, 61-90 hari diberikan diskon 10 persen.

Comment

Leave a Reply

News Feed