by

Kembuan Satu Setujui Pembangunan 2024 Melalui Musrenbang

Minahasa – Pemerintah Desa (Pemdes) Kembuan Satu Kecamatan Tondano Utara, menetapkan pembangunan tahun 2024 melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa, yang dilaksanakan di aula GMIM Getsemani Kembuan Satu, Seni (04/12) pagi.

Musrenbang yang juga dirangkaikan dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa ini, dihadiri langsung Camat Tondano Utara Thelma S Torar SSos, Kapolsek Toulimambot IPDA Rivi Tawaluyan SH, Danramil Tondano Kapten Inf Donny Lumenta, Hukum Tua Kembuan Satu Maikel Marlon Nender, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Maximilian Tampi SH, seluruh Perangkat Desa, TP-PKK Desa Kembuan Satu, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Camat Thelma Torar dalam penyampaiannya berpesan, sesuai dengan petunjuk pemerintah pusat, untuk program pemberian makanan tambahan bagi anak-anak balita dan ibu hamil dalam rangka pencegahan stunting perlu diperhatikan.

“Selanjutnya untuk program ketahanan pangan, juga harus menjadi perhatian khusus dan dilakukan berkelanjutan, serta harus menghasilkan. Agar supaya, dana yang diperuntukkan untuk hal ini tidak menjadi mubasir,” tandasnya.

Torar kemudian menyinggung soal BUMDes, dimana menurut dia, hal itu harus dikelola dengan baik. Manfaatkan anggaran dengan baik, dengan mencari usaha yang bisa berkelanjutan dan yang pasti bisa menghasilkan atau menguntungkan.

“Untuk pembangunan infrastruktur fisik dan non fisik, harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat, harus yang benar benar menyentuh kebutuhan masyarakat. Mohon masyarakat silakan mengawasi pembangunan di desa, agar hasilnya bisa nampak dan berkualitas,” pungkasnya.

Kumtua Marlon Nender dalam penyampaian laporan hasil musyawarah mengatakan, untuk pembangunan infrastruktur, Pemdes Kembuan Satu merencanakan untuk mengisi perlengkapan untuk PAUD, yang direncanakan sudah akan digunakan tahun depan.

“Selain itu, ada juga pembangunan drainase, pemasangan CCTV, dan menambah tower atau bak air bersih untuk mencukupi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Sedangkan untuk program dari pemerintah pusat, Marlon menegaskan bahwa itu tetap direalisasikan, seperti pemberian asupan gisi untuk anak balita dan asupan ibu hamil sampai anak berusia 2 tahun, dalam pencegahan stunting.

“Selain itu, ada pula program penanggulangan narkoba dan pencegahan TBC yang menjadi instruksi presiden, dimana itu sudah menjadi program di desa namun masih menunggu juknis,” terang Kumtua sembari memohon dukungan seluruh masyarakat atas kinerja Pemdes Kembuan Satu.

Selanjutnya, ada juga penyampaian dari Kapolsek Toulimambot dan Danramil Tondano, berkaitan dengan masalah keamanan dan ketertiban masyarakat, pencegahan narkoba dan pergaulan bebas.

Musrenbang ini kemudian diakhiri dengan penandatanganan berita acara, dengan disaksikan seluruh yang hadir, serta dihadiri ucapan terima kasih oleh Ketua Badan Permusyawaratan Desa Maximilian Tampi SH.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed