by

Tiga Calon Tersingkir, Sandra Moniaga Sekda Minut

Minut – Gunernur Sulawesi Utara(Sulut) Dr Sinyo H Sarudajang melantik dan mengambil sumpah Sekretaris Daerah Minahasa Utara (Minut) yang baru yaitu Ir Sandra T P Moniaga, MSi (50) Senin (1/12) di ruang Huyula kantor Gubernur Sulut.

Tiga calon sekretaris daerah Minahasa Utara masing- Ir Ronny Siwi, Ir Joppy Lenkong dan dr Lili Lengkong yang diusulkan Pemkab Minut harus tersingkir.

Gubernur lebih memilih birokrat provinsi meskipun tak pernah terdengar kabar mengikuti fit and proper test.

Sekda dengan pangkat golongan IVC ini dilantik setelah mengantongi SK Gubernur nomor 821 Tertanggal 13 oktober 2014.

Moniaga, yang lahir tahun 1964 merupakan Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sebelumnya pernah menjabat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulut dan kepala Biro sumber daya alam (SDA) Mempunyai suami seorang dokter dan tiga orang anak.

Moniaga adalah putri asli Minut yang berasal dari Desa Paslaten Kecamatan Likupang Timur. Ayah sekda baru ini adalah mantan birokrat senior Sulut J B Moniaga, mantan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan tahun 80-an,dengan ibu bermarga Dengah.

Gubernur dalam sambutan mengingatkan Minut merupakan daerah penyanggah utama Manado Bitung.

“Jabatan sekda ini merupakan top rangking di birokrat kabupaten kota. Hendaknya sekda yang baru ini. Harus mengetahui tiga hal. Mengetahui diri sendiri, memahami pekerjaan sendiri serta menguasai orang-orang sendiri hingga bisa memberikan reward and punisher.” jelas Sarundajang.

Yang menarik Sarundajang menyampaikan bahwa terplihnya Moniaga ini atas usul dari Bupati Minut Drs Sompie Singal.

Hadir dalam pelantikan, wakil gubernur Dr. Djouhari Kansil, Sekprov. Ir. Siswa R. Mokodongan, para pejabat eselon II dan III pemkab Minut dan beberapa undangan lainnya. Hadir pula dalam pelantikan dan pengambilan sumpah ini mantan Sekda Minut yang baru saja melepas jabatannya karena pensiun Drs. Johanis Rumambi.(ecs gops)

Comment

Leave a Reply

News Feed