by

Turis jerman Paling Banyak Kunjungi Sulut

 

 

(foto.turis)
(foto.turis)

Manado- Wisatawan Mancanegara (Wisman) atau turis yang paling banyak kunjungi Sulawesi Utara (Sulut) pada bulan November 2013 berasal dari Jerman. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulut Faizal Anwar mengatakan Wisatawan mancanegara yang datang didominasi oleh warga Jerman sebanyak 209 orang atau 12,85 persen, diikuti Singapura berjumlah 114 orang atau sebesar 7,01 persen dan warga Amerka sebanyak 111 orang atau sebesar 6,82 persen.”Namun demikian jika dibandingkan dengan Oktober 2013 sebesar 1.923 orang, terjadi penurunan sebanyak 296 orang atau 15,39 persen,” katanya.

Wisatawan yang datang melancong ke Sulawesi Utara (Sulut) pada November 2013 melalui pintu masuk Bandara Sam Ratulangi (Samrat) berjumlah 1.627 orang. “Jumlah tersebut meningkat 263 orang dibandingkan dengan bulan yang sama pada November 2012 (yoy) atau terjadi peningkatan sebesar 19,28 persen,” ujarnya. Kedatangan wisatawan mancanegara terjadi, tidak terlalu memengaruhi tingkat hunian hotel.

Sebab tingkat hunian hotel selain di pengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara juga wisatawan nusantara. “Adanya event nasional dan internasional ikut memengaruhi kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara,” tuturnya. Public Relation (PR) Sintesa Peninsula Hotel Manado Julita Wowor mengatakan okupansi kamar di Sintesa Peninsula Hotel Manado menjelang tahun baru 2014 saat ini cukup tinggi. “Untuk hari ini (kemarin) tingkat hunian kamar mencapai 80 persen. Sedangkan untuk besok (hari ini) sudah mencapai 100 persen,” ujarnya.

Sedangkan untuk hunian hotel kebanyaka berasal dari pengunjung dari lokal, sedangkan dari wisatawan mancanegara hanya sebagian kecil saja. Mereka umumnya ingin menikmati malam pergantian tahun di hotel berbintang lima di Manado tersebut. Untuk itu berbagai acara yang menarik dan heboh akan menyemarakan pergantian tahun tersebut. Sedangkan lamanya menginap, rata-rata mereka menginap sampai dengan tanggal 2 Januari 2014.(nancy)

Comment

Leave a Reply

News Feed