by

Youth Centre Minahasa Terkendala Hibah Lahan Pemkab

 

Jemmy Ringkuangan
Jemmy Ringkuangan

Manado – Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyetujui usulan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Minahasa melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut untuk membangun Gedung Pemuda atau Youth Centre di Tondano. Sayangnya,  rencana pembangunan gedung pusat kegiatan pemuda di tanah Toar Lumimuut terkendala hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Bupati Jantje Sajow pada pelantikan pengurus KNPI Minahasa, Juni 2013 lalu, menjanjikan hibah lahan untuk dibangun Youth Centre, sayangnya janji tersebut tak kunjung terealisasi,” ujar Ketua DPD KNPI Minahasa, Jemmy Ringkuangan AP MSi, kepada wartawan, Selasa (29/10).

Menurut Ringkuangan, bila hibah lahan dari Pemkab Minahasa telah direalisasikan, maka dipastikan tahun depan pembangunan Youth Centre sudah akan dimulai. “Kemenpora telah menyetujui proposal yang kami layangkan melalui Dispora Sulut dengan akan mengalokasi sedikitnya Rp 5 Miliar dengan syarat lahan untuk dibangun Youth Centre tersedia,” ungkapnya.

“Kami juga telah bertemu Komisi X DPR RI yang juga mengaku akan mengawal anggaran di Kemenpora untuk pembangunan Youth Centre dengan syarat hibah lahan dari Pemkab Minahasa sudah direalisasikan,” tambahnya.

Untuk itu, Ringkuangan berharap, Pemkab Minahasa merealisasikan hibah lahan seperti janji Bupati Jantje Sajow.
“Kami berharap hibah lahan ini direalisasikan secepatnya. Sebab bila hibah lahan tak direalisasikan segera, maka anggaran yang telah diplot Kemenpora untuk Minahasa bisa dialihkan ke daerah lain,” kata Ringkuangan.

Lebih lanjut menurut Ringkuangan, keberadaan Youth Centre di Minahasa sangat dibutuhkan sebagai pusat kegiatan untuk menggali kreatifitas dan inovasi pemuda daerah Nyiur melambai. “Bila Youth Centre dibangun di Minahasa maka akan menjadi ke-dua di Sulut setelah di Manado,” tambahnya.

Sebelumnya, pada acara pelantikan DPD KNPI Minahasa periode 2013-2016, Juni 2013 silam, Bupati Minahasa Jantje Sajow menjanjikan akan memberikan lahan dan bantuan untuk dijadikan pusat kegiatan pemuda.(Jemsy Tuju)

News Feed