by

Bagikan Tips Public Speaking, Badiklat Kumham Sulut Hadirkan Communication Founder Sinergi Berbicara

BITUNG – Untuk membantu peserta yang dalam mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum, Balai Diklat Hukum dan HAM Sulawesi Utara menyelenggarakan  Workshop Public Speaking dan Jurnalistik dengan tajuk Menjadi Smart People Yang Cerdas Berbicara dan Menulis, Rabu (20/12/2023).

Menghadirkan narasumber Putri Utami Rizqianingtyas yang berpengalaman dalam dunia Public Speaking.

Workshop yang diselenggarakan di Aula Balai Diklat tersebut, mendapat sambutan antusias dari peserta.

Dalam kesempatan tersebut, Putri membagikan sejumlah teknik dalam berbicara antara lain mampu mengekspresikan suara dengan jelas, ekspresi wajah, hingga membangun kepercayaan diri dalam bertatap muka dengan audiens.

Mengutip pernyataan dari Jeff Bezos, founder Amazon.com, identitas personal adalah persepsi yang timbul di benak audiens, untuk itu sebagai pembicara yang baik perlu persiapan dan latihan, Mulai dari percaya pada diri sendiri, menyesuaikan  gaya penyampaian kepada  audiens, berbicara dengan sepenuh hati untuk menyampaikan maksud pembicaraan yang semuanya dilakukan dalam waktu yang tepat.

Putri menyarankan peserta workshop untuk banyak berlatih dan menghilangkan  kekhawatiran dalam berbicara bahwa audiens akan mengabaikan kita.

“Bapak/Ibu perlu mempersiapkan diri, kuasai materi dan sampaikan dengan teknik dalam waktu yang tepat, gunakan kesempatan yang ada untuk menunjukkan sisi terbaik Bapak/ Ibu, perhatikan kontak mata, gerakan tubuh, kecepatan dan kejelasan suara, percaya dirilah saat berbicara,“ demikian ucap Putri.(FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed