by

Brimob Sulut Amankan Konflik Tarkam di Wilayah Dumoga

Manado – Pasca konflik tawuran antar kampung (tarkam) di Desa Kosio vs Desa Dolodu’o wilayah Dumoga Bersatu Kabupaten Bolaang Mongondow beberapa hari lalu, kini situasi keamanan di dua desa tersebut telah kondusif.

Sebanyak 4 SST ( satuan setingkat pleton) personel Brimob Batalyon B dipimpin langsung Danyon B Pelopor Kompol Alowisius Londar, S.I.K, ditugaskan untuk membantu Polres Bolmong dalam pengamanan konflik tarkam di wilayah Dumoga bersatu.

Sebelumnya telah diketahui terjadi konflik tarkam di beberapa desa di Kecamatan Dumoga Barat pada Rabu, 11 Mei 2022. Namun hingga saat ini situasi kamtibmas dikedua wilayah tersebut dalam situasi kondusif dibawah pengamanan Polres Bolmong dan BKO Satbrimob Polda Sulut.

Dansat Brimob Polda Sulut KBP. Brury Soekotjo A.P., S.I.K, dalam memimpin apel kesiapsiagaan di Mako Brimob Paniki menyampaikan bahwa seluruh personil Satbrimob Polda Sulut sebagai Power On Hand Kapolda, harus selalu siap dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Sulawesi Utara khususnya wilayah Dumoga Bersatu.

“Saat ini situasi Dumoga relatif kondusif, sementara itu personel Brimob masih disiagakan di lokasi yang rawan terjadinya konflik tarkam di perbatasan kedua desa tersebut. Kami juga menyiagakan kekuatan penuh personel jika sewaktu-waktu dibutuhkan penebalan kekuatan di sana, dan jika situasi meningkat kami siap menerjunkan pasukan kami di sana,” ujarnya.

“Saya berharap, masyarakat kedua belah pihak dan seluruh warga masyarakat Dumoga Bersatu dapat sama-sama menahan diri serta menaati aturan hukum yang berlaku agar terhindar dari ha-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain”, tutup Dansat Brimob.

Comment

Leave a Reply

News Feed