by

BUMDes Sea Tumpengan Wakili Pineleng di Lomba Tingkat Kabupaten

Minahasa – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) milik Desa Sea Tumpengan, mewakili Kecamatan Pineleng mengikuti lomba BUMDes tingkat Kabupaten Minahasa, yang penilaiannya dilakukan Selasa (28/06) pagi, di Kantor BUMDes Sea Tumpengan.

Tim Penilai berasal dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa, yang dipimpin Ketua Tim, yang juga sebagai Kepala Bidang Usaha Ekonomi Desa dan Teknologi Tepat Guna, Deifry Mokolesang, dengan beranggotakan Alter Maringka yang mewawancarai Direktur BUMDes Judith Kussoy, Merry Ch Massie yang mewawancarai Sekretaris Steydi Suak, Stiv F E Panambunan yang mewawancarai Bendahara Lola R Datunsolang.

Mokolesang mengatakan, tujuan dari BUMDes adalah usaha untung menguntungkan. Dan itu semua bergantung dari kinerja seluruh pengurus yang ada.

“Memang tidak semua pengurus tidak diwawancara untuk penilaian, hanya direktur, sekretaris dan bendahara. Terima kasih kepada Pemerintah Desa yang sudah menyambut kami dengan baik,” ujarnya.

Mokolesang kemudian memberikan beberapa arahan kepada BUMDes, mulai dari kepengurusan, pengelolaan, pelaporan, penindakan soal penyimpangan, penyelesaian permasalahan, dan lain sebagainya.

Dia mengingatkan bahwa, dalam mengelolah anggaran pemerintah ini, ada konsekuensi hukum menanti bila tidak dilaksanakan dengan bertanggung jawab. Apalagi menurutnya, BUMDes Sea Tumpengan ini bergerak di bidang modal usaha simpan pinjam, yang tentunya rentan sekali dengan masalah keuangan.

“Hukum Tua bertanggung jawab terhadap BUMDes, karena beliau sebagai penasehat. Penasehat wajib memberikan masukan dan arahan agar BUMDes ini berjalan dengan baik dan jauh dari penyimpangan. Sebab, dalam usaha pemberian modal usaha kepada masyarakat dalam bentuk kredit ini, sangat sensitif soal pengembalian uang yang mesti diatur dengan baik. Ini pinjaman, bulan dana hibah, sehingga harus dilunasi,” tukasnya sembari menyarankan agar BUMDes Sea Tumpengan menambah jenis usaha yang baru untuk dikelola.

Sementara, Ketua BUMDes Sea Tumpengan menjelaskan bahwa, BUMDes dengan nomor AHU-01301.AH.01.33 ini sendiri mengelola anggaran sebesar Rp 119 juta, untuk simpan pinjam bagi modal usaha masyarakat.

Hukum Tua Sea Tumpengan, Filadelfus Kukihi sendiri terkait penilaian lomba BUMDes tingkat Kabupaten ini, mengapresiasi tim penilai, yang selain menilai, juga telah memberikan masukan dan saran serta arahan untuk kemajuan BUMDes Sea Tumpangan.

“Tim yang datang tak hanya menilai saja, tapi juga telah memberikan arahan-arahan dalam mengelola BUMDes. Untuk itu, terima kasih kepada tim penilai yang sudah datang menilai dan memberikan arahan. Semoga BUMDes Sea Tumpengan boleh meraih hasil maksimal,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed