by

Bupati ROR Irup Peringatan Hardiknas 2023 di Minahasa

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, di Kabupaten Minahasa, bertempat di halaman Kantor Bupati, Selasa (02/05) pagi.

Upacara yang juga dirangkaikan dengan Hari Otonomi Daerah (OTDA) ke-XXVII ini, turut dihadiri Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM MAP dan jajaran Forkopimda Minahasa, seluruh pejabat dan Aparatur Sipil Negara di jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.

ROR dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadien Anwar Makarim menyampaikan bahwa, selama tiga tahun terakhir ini perubahan besar terjadi disekitar kita, di ujung barat sampai ujung timur Indonesia.

“Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” kata dia.

Lanjutnya, anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka, dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Sebab, para Kepala Sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya, sekarang dapat menggunakan data asesmen Nasional di Platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

“Untuk itu, para guru berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku. Namun, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka,” tukasnya.

Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang jauh lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,” terang dia.

Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan.

“Saudara saudariku, mari kita ingat, bahwa bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan gerakan Merdeka Belajar. Hari Pendidikan Nasional tahun ini, adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ujarnya.

Selanjutnya, berkaitan dengan Hari OTDA, beliau mengatakan bahwa, setiap tahun kita memperingati Hari OTDA secara nasional, dan tentu diikuti masing-masing daerah di seluruh Indonesia, termasuk Pemkab Minahasa.

“Dengan dilaksanakan upacara ini, saya ucapkan selamat memperingati Hari OTDA ke XXVII, dengan harapan tentu memberi semangat bagi kita sekalian agar lebih maju kedepan,” pungkasnya.(advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed