by

Fesdaton Meriah Sambut Hari Jadi Minahasa ke-594

Minahasa – Festival Danau Tondano (Fesdaton) yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Kamis (03/11) pagi, bertempat di Astound Hill Peleloan Tondano dengan mengandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, berlangsung meriah.

Fesdaton ini kemudian akan menjadi iven tahunan, menyusul masuknya agenda ini dalam program Karisma Nusantara, yang tak lepas dari kerja keras Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

“Iven ini sudah dinanti-nantikan seluruh masyarakat Minahasa, sehingga Pemkab Minahasa mengagendakan dan melaksanakan kegiatan ini. Didalam festival ini, banyak kegiatan perlombaan yang akan dipertandingkan dalam rangka menyemarakan Hari Jadi Minahasa ke-594,” ujar Bupati.

Fesdaton ini kata Bupati, tahun ini masuk sebagai salah satu dari 110 event Kemenparekraf RI, yang masuk dalam program Karisma Event Nusantara (KEN)

“Kemenparekraf melalui Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang membantu Pemerintah Daerah, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk mempromosikan wisatanya. Harapan kami, event ini akan memberi dampak positif bagi ekonomi, sosial budaya dan lingkungan kita,” pungkasnya.

Direktur Infrastruktur Ekonomi Kemenparekraf RI, Haryanto mengatakan, keunikan Danau Tondano menjadi unsur penting dan signifikan mengapa Fesdaton masuk dalam jajaran kalender ivent nusantara tahun 2022.

“Pergelaran parade perahu hias, beragam lomba, pameran UMKM dan lomba kuliner tentu menjadi daya tarik dari festival ini,” kata Haryanto.

Potensi pariwisata di Kabupaten Minahasa menurutnya, baik dari danau dan hasil perikanannya, bentangan alam, gunung-gunung di sekitar serta ragam potensi subsektor, menjadi salah satu unggulan yang tentunya turut berkontribusi bagi penciptaan lapangan kerja dan kesejahteraan masyarakat.

“Kiranya seluruh pemangku kepentingan, stakeholder bidang kepariwisataan dan ekonomi kreatif, dapat terus menciptakan inovasi kolaborasi dan beradaptasi. Dan sejalan dengan platform Kemenparekraf, terus mengambangkan etos dan berdaya kerja yakni 3 G,” pintanya, sembari mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya festival danau Tondano 2022.

“Kita berharap melalui iven ini dapat mengangkat dan melestarikan kearifan budaya lokal mendorong pariwisata dan ekonomi kreatif serta memberikan dampak multi player yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, dikesempatan itu mengajak masyarakat agar senantiasa bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentunya ini patut kita syukuri dimana setelah kita melalui pandemi covid 19, saat ini kita boleh menggelar kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan ekonomi di Provinsi Sulut yang salah satunya melalui kegitan-kegiatan pariwisata yang ada seperti ini,“ ujar Gubernur.

Dia berharap, usaha-usaha yang dilakukan di bidang pariwisata dapat mendorong progresifitas UMKM serta kreativitas bagi seluruh pelaku pariwisata yang ada di provinsi Sulut.

“Atas nama Pemprov Sulut mengucapkan banyak selamat untuk Pemkab Minahasa yang telah menggelar kegiatan Fesdaton ini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Sulut, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Mukhlis SAP MM, Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny CH Roring-Lumanauw SIP, para Bupati/Walikota se Provinsi Sulut, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE serta jajaran Forkopimda Minahasa, jajaran Pemerintah dan pejabat Pemprov Sulut serta pejabat Pemkab Minahasa, Koordinator Event Wilayah Dua, Yana Indriyati, serta seluruh tamu dan undangan.(advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed