by

Joune Ganda Siapkan Enam Belas Unit Ambulance dan ICU Mini untuk Giat Paskah Raya dan Hari Anak Sinode GMIM Tahun 2024

KLABAT – Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda melalui Dinas Kesehatan telah siapkan 16 unit ambulance yang akan digunakan dalam Giat Paskah Raya dan Hari Anak Sinode GMIM Tahun 2024 di Desa Kaima, Wilayah Minawerot, pada Sabtu (12/4/2024).


Dalam upaya memastikan keselamatan dan kesehatan peserta, ambulance ini akan standby dan dilengkapi dengan tenaga medis serta peralatan medis yang lengkap.


Kadis Dinas Kesehatan Minahasa Utara, dr Stela Safitri MKes, mengungkapkan bahwa terdapat 11 unit ambulance yang disiapkan dari Puskesmas se-Minut, serta 5 unit lainnya dari rumah sakit.


”Beberapa rumah sakit yang menyumbangkan ambulance tersebut antara lain Rumah Sakit Maria Walanda Maramis, Rumah Sakit Sentra, Rumah Sakit Tonsea, Rumah Sakit Lembean, dan Rumah Sakit Manembo-Nembo di Kota Bitung,” tulis Stela melalui Aplikasi WhatsApp pada hari Jumat (12/4/2024).

Ia menyampaikan, setiap ambulance dilengkapi dengan 5 tenaga kesehatan, termasuk seorang dokter yang standby di setiap unit.


”Selain itu, ambulance juga sudah dilengkapi dengan alat-alat medis dan obat-obatan yang diperlukan, termasuk alat pertolongan pertama (P3K),“ujarnya.


“Selain ambulance, Dinas Kesehatan Minahasa Utara juga telah menyediakan 2 unit Intensive Care Unit (ICU) Mini. ICU Mini ini akan ditempatkan di tempat Star dan area finish, untuk memberikan perawatan khusus kepada peserta yang membutuhkannya,” kata Stela Safitri.


Dengan adanya ambulance yang dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan medis yang lengkap, serta adanya ICU Mini untuk perawatan khusus, diharapkan penanganan kondisi kesehatan peserta yang membutuhkan dapat dilakukan dengan cepat dan efektif. Hal ini akan sangat membantu dalam menjaga keselamatan dan kesehatan semua peserta acara, serta mengurangi risiko terjadinya keadaan darurat.

Penggunaan ambulance dan Intensive Care Unit (ICU) Mini ini juga merupakan wujud komitmen Joune Ganda dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakatnya.


”Tindakan proaktif ini patut diapresiasi, terutama dalam mendukung kelancaran acara besar seperti Giat Paskah Raya dan Hari Anak Sinode GMIM Tahun 2024,” ungkap dr Stela Kadis Kesehatan Minut.(FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed