by

Kumandangkan Indonesia Raya Dengan Kolintang di Danau Tondano, Disbudpar Apresiasi Pinkan

Minahasa – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Minahasa mengapresiasi Pengurus Insan Kolintang (Pingkan), yang telah mengumandangkan lagi “Indonesia Raya” menggunakan musik Kolintang di atas Danau Tondano, dalam rangka Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Repoblik Indonesia ke-75, Senin (17/08) pagi.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa, kami memberikan apresiasi kepada Pingkan, karena telah menampilkan musik Kolintang di Danau Tondano yang bersamaan dengan di Gunung Klabat, dalam rangka HUT Proklamasi RI ke-75,” kata Kepala Disbudpar Minahasa Drs Teddy Sumual MAP, saat menyampaikan sambutan.

Mengumandangkan musik Kolintang di atas Danau Tondano merupakan suatu keunikan yang tentunya mengangkat Budaya Minahasa, sekaligus Pariwisata Kabupaten Minahasa, menjadi iven yang kedepan bisa dilakukan secara berkesinambungan.

“Program kita tahun ini sampai tahun depan, setiap Desa dan Kelurahan memiliki satu unit alat musik Kolintang lengkap dengan tim pemain. Karena ini juga menjadi program Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, dalam memajukan serta melestarikan musik Kolintang di Minahasa,” ungkapnya.

Menurutnya, ketika semua Desa dan Kelurahan telah memiliki alat musik Kolintang, maka Disbudpar Minahasa siap penopang dalam meningkatkan motivasi.

“Iven musik Kolintang nantinya akan kita adakan secara berkesinambungan,” pungkasnya.

Sementara, dalam Upacara Detik-detik Proklamasi di atas Danau Tondano ini, Camat Tondano Selatan Johnny Tendean AP MAP bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Ketua Pinkan Jopi Rori pun berterima kasih kepada Pemkab Minahasa melalui Disbudpar Minahasa yang susah mendukung Pinkan dalam iven ini sembari berharap kedepan kegiatan seperti ini akan lebih baik lagi dari saat ini.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed