by

Pencairan Dana Wajib Sesuai SPJ

(foto.ilustrasi)
(foto.ilustrasi)

Minahasa – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Minahasa menegaskan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pihak Kontraktor yang bakal melakukan pencairan keuangan agar terlebih dahulu menyerahkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ).

Hal tersebut dikatakan Kepala DPPKAD Minahasa, Ria Suwarno, kepada sejumlah wartawan, Jumat (10/01).

Menurutnya, hal tersebut dimaksud agar tidak terjadi kesalahan dalam proses pencairan dana, serta bisa berjalan sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

“Cepat atau lambannya proses pencairan bukan karena kepentingan tertentu, tetapi semua itu tergantung lengkap tidaknya SPJ yang diserahkan. Jadi, bagi setiap SKPD dan para kontraktor yang akan melakukan proses pengurusan pencairan dana di DPPKAD, diharapkan bisa memasukkan SPj terlebih dahulu, tapi bukan berarti langsung dicairkan, melainkan jug melalui proses tahapan lainnya sesuai mekanisme yang berlaku,” tandasnya menegaskan terkait ada juga keluhan dari sejumlah kontraktor yang telah memasukkan SPj tapi belum juga ada proses pencairan, yang menurutnya, hal tersebut dikarenakan SPj yang dimasukkan tidak lengkap.

“Masalah belum dicairkan dana meskipun SPj sudah dimasukkan, bukan berarti kesalahan pihak DPPKAD, namun karena masih ada kesalahan kelengkapan SPj,” ujarnya.

Sementara itu, terkait dengan anggaran tahun 2013 yang telah berproses namun belum juga ada penyaluran, Suwarno mengatakan akan dilanjutkan pada tahun 2014 ini.

“Pencairan tetap akan dilakukan Tahun ini karena prosesnya kan memang sudah jalan, hanya ada sedikit kendala saja sehingga belum bisa dicairkan,” tandasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed