by

Sea Tumpengan Gelar Musdes RKPDes 2023

Minahasa – Desa Sea Tumpengan Kecamatan Pineleng, Jumat (24/06) sore, menggelar Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2023, bertempat di Kantor Desa.

Camat Pineleng Drs Djonly Harry Sonny Wua MM, saat membuka kegiatan ini mengatakan, Desa Sea Tumpengan merupakan desa pertama di Kecamatan Pineleng yang melaksanakan Musdes RKPDes tahun 2023.

Untuk itu, dirinya mengapresiasi Hukum Tua bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sea Tumpengan, yang boleh menjadi contoh di Kecamatan Pineleng.

“Desa ini menjadi barometer bagi desa-desa lain di Kecamatan Pineleng. Saya mengapresiasi desa ini karena selalu menjadi yang pertama mencairkan Dana Desa maupun Anggaran Dana Desa, sehingga boleh mendapat penghargaan beberapa waktu lalu, sehingga desa ini patut dicontoh,” ujarnya.

“Saya mendorong untuk agar desa ini bisa memiliki kantor desa yang representatif, karena kalau berbicara administrasi dalam mengelolah DD dan ADD, desa ini yang terbaik. Kurangnya adalah, belum memiliki kantor desa yang representatif, sehingga ini harus menjadi program Desa Sea Tumpengan kedepan,” ujarnya.

Ketua BPD Drs Jootje Tumiwa mempersilahkan kepada masyarakat untuk menyampaikan usulan-usulan untuk pembangunan maupun usulan lainnya di wilayah masing-masing, untuk dibahas bersama.

“Bila ada yang diusulkan tahun lalu dan belum terealisasi tahun ini, silahkan diusulkan lagi untuk tahun depan, siapa tau sudah bisa diakomodir dengan menyesuaikan anggaran yang ada,” kata Tumiwa sembari mengapresiasi Hukum Tua, atas apa yang sudah dilakukan bagi Desa Sea Tumpengan.

“Apresiasi kepada Hukum Tua yang sudah melakukan yang terbaik bagi Desa Sea Tumpengan. Masih ada yang kurang, yaitu kantor desa. Jadi, kami berharap kedepan untuk pembangunan kantor desa bisa terealisasi,” ujarnya.

Sementara, Hukum Tua Desa Sea Tumpengan, Filadelfus Kukihi mengatakan, sebagaimana dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 114 tahun 2014, pasal 29 dan pasal 31. Paling lambat bulan Juni tahun berjalan, desa sudah harus melaksanakan Musdes RKPDes.

“Musdes RKPDes ini penting dalam merembukkan apa yang akan menjadi program untuk dikerjakan Pemerintah Desa, pada tahun depan. Perwakilan masyarakat yang hadir diberi ruang untuk menyampaikan aspirasi atau usulan pembangunan dan lainnya, untuk selanjutnya dimusyawarahkan dan dirumuskan untuk diprogramkan pada tahun depan,” tukas Kukihi.

Selain pembangunan fisik, salah satu yang menjadi pembahasan dalam Musdes RKPDes 2023 ini yakni mengenai Serikat Dana Duka bagi seluruh masyarakat, untuk direalisasikan tahun depan. Selain itu, juga dilakukan pembentukan Panitia Pembangunan Kantor Desa Sea Tumpengan.

Musdes RKPDes Sea Tumpengan tahun 2023 ini dihadiri tokoh-tokoh masyarakat, tokoh-tokoh agama, Lembaga Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan seluruh Perangkat Desa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed