Simarmata Harumkan PN Manado Pada Opening Legal Year Singapura

Foto Sekretaris Mahkamah Agung RI A.S Pudjoharsoyo (ketiga dari kiri), bersama Ketua PN Manado Edward Simarmata (pertama kanan), meninjau Istana Kehakiman Putera Jaya, didampingi Direktur Mahkamah Persekutuan Malaysia Azhaniz Bob (kedua kanan).

Manado, Cybersulutnews- Nama Pengadilan Negeri (PN) Manado, kembali menjadi bintang, diantara Pengadilan di Indonesia.

Pasalnya, Ketua PN Manado, Edward TH Simarmata telah terpilih ikut serta bersama rombongan Ketua Mahkamah Agung (MA) RI, Prof Hatta Ali menuju ke Singapura dan Malaysia, dalam rangka menghadiri undangan kegiatan “Opening Legal Year 2018” di Federal Court Of Singapore dan Mahkamah Persekutuan Malaysia.

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan pembukaan tahun buku persidangan, yang sekaligus sebagai moment pertanggungjawaban kinerja tahun sebelumnya dari kedua negara itu. Dimana, kegiatan ini turut dihadiri petinggi-petinggi pengadilan negara sahabat.

Terkait hadirnya Simarmata dalam kegiatan tersebut, Juru Bicara Hakim PN Manado, Vincentius Banar, ketika dikonfirmasi awak media pun tak menepisnya. “Di awal tahun 2018, Ketua PN Manado sudah menghadiri dua kegiatan MA di luar negeri, dengan waktu dan tempat berbeda. Pertama, Opening Legal Year 2018 di Federal Court of Singapore (FCS). Kedua, di Mahkamah Persekutuan Malaysia (MPM),” terang Banar.

Dari perkunjungan tersebut, Banar menjelaskan bahwa sempat terjadi dialog interaktif antara rombongan Hatta bersama pihak FCS dan MPM.

Dalam kesempatan itu, Simarmata telah dipercayakan Hatta untuk memberi penjelasan, sekaligus menjawab soal perbandingan model peradilan serta ruang sidang di Indonesia dengan yang ada di Malaysia dan Singapura.

Menariknya, ketika pihak FCS dan MPM coba membanggakan diri terhadap ruang sidang yang dilengkapi dengan fasilitas LCD dan Televisi sebagai sarana pembuktian dalam proses persidangan. Dengan mantap, Simarmata pun menerangkan kalau model seperti itu telah diterapkannya di PN Palembang, jauh sebelum pihak FCS dan MPM memberlakukannya. Bahkan, Simarmata menegaskan kalau PN Manado dalam waktu dekat, ruang persidangannya akan dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Tak hanya itu, di hadapan delegasi FCS dan MPM, Simarmata juga telah menegaskan kalau PN se-Indonesia di bawah pimpinan Hatta, pada prinsipnya tengah menerapkan sistem yang lebih mengutamakan kepuasan pelayanan terhadap pencari keadilan.
Adapun saat menghadiri kunjungan ke dua negara Asean tersebut, Hatta bukan hanya didampingi Simarmata, turut hadir serta Sekretaris MA RI, AS Pudjoharsoyo, dan sejumlah pejabat MA RI. Penting diketahui, kapasitas Simarmata dalam pertemuan tersebut yakni sebagai Sekretaris Tim Inti penyusunan Laporan Tahunan MA RI. (Marend)

Leave a Reply