Tahapan Pilhut di Minahasa Tergantung Perkembangan COVID-19

Minahasa – Pelaksanaan Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Serentak tahap ketiga di Kabupaten Minahasa, sudah disampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa akan dilaksanakan tahun 2021 ini, bahkan anggarannya pun sudah disiapkan. Namun demikian, pastinya kapan tahapan Pilhut dimulai, masih belum jelas.

Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, salam pertemuan dengan wartawan biro Minahasa, Jumat (07/05) pagi, di GOR Sasaran Tondano mengatakan, tahapan Pilhut Serentak tahun 2021 tergantung perkembangan COVID-19 di Minahasa.

Menurutnya, berbagai aturan dan surat edaran dari pemerintah yang harus dipatuhi, sehingga membatasi seluruh aktivitas pemerintah dan masyarakat dengan protokol kesehatan.

“Kita bukan menunda-nunda tahan Pilhut seperti yang disangkakan. Pilhut tahun ini sudah disampaikan akan dilakukan tahun ini karena anggarannya sudah ada. Tapi, untuk tahapannya kita menunggu perkembangan COVID-19 saat ini,” kata ROR.

Dia pun berharap, penanganan COVID-19 di Minahasa berjalan maksimal, sehingga trend kasus orang terkonfirmasi positif bisa terus menurun. Dengan demikian, tahapan Pilhut sudah bisa dimulai.

“Kita berharap, dengan adanya protokol kesehatan yang ketat yang terus dikedepankan masyarakat, dan adanya program vaksinasi, COVID-19 bisa menurun. Bila di bulan-bulan Juni atau Juli dan seterunya, kasusnya terus menurun, tahapan Pilhut sudah bisa kita laksanakan,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply