Ada ‘Mafia’ KTP Bagi WNA di Bitung, Sigar : Praktek Manipulasi Sudah Lama Terjadi !

Anggota DPRD Bitung Vonny Sigar

Anggota DPRD Bitung Vonny Sigar

Bitung – Diungkapnya oknum pejabat di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kota Bitung berinisial N yang memanipulasi data kependudukan, menguak dugaan saat ini ada ribuan Warga Negara Asing (WNA) ber-KTP Kota Bitung.

Ketua Fraksi Kebangkitan Hati Nurani DPRD Bitung, Vonny Sigar SE angkat bicara terkait hal KTP yang dikeluarkan oknum pejabat di Discapilduk Pemkot Bitung kepada WNA yang merupakan permainan terstruktur dan melibatkan banyak pihak.1

“Ini sudah jadi rahasia umum, praktek WNA ber-KTP Kota Bitung sudah lama berlangsung dan itu pada umumnya diberikan kepada para nelayan asal Filipina yang dipekerjakan disejumlah perusahan dan pabrik perikanan,” kata Sigar, Minggu (16/10/2016).

Lanjutnya, praktek tersebut sejak dulu warga Filipina yang tinggal dibeberapa kelurahan di kota Bitung begitu mudah mendapatkan KTP.

“Ini pengurusannya tak melalui lurah, tapi calo atau perantara dan langsung melakukan pengurusan di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan,” katanya.

Ketua Partai Hanura Kota Bitung ini menyatakan, mendukung penuh langkah Polda Sulut membongkar mafia KTP di Kota Bitung.

“Saya sangat mendukung jajaran Polda Sulut untuk mengusut tuntas kasus ini, karena kuat dugaan praktek itu terstruktur dan melibatkan banyak pihak bersama orang dalam di Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan,” jelas Sigar.(ferry bolung)

Leave a Reply