Tournament of Flower Spektakuler, TIFF 2016 Meriah!

Float Kota Tomohon

Float Kota Tomohon

Tomohon – Gelaran Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016 berlangsung sukses. Hal ini tergambar dalam agenda
utama Tournament of Flower (ToF) yang mengambil tema “Enchanting Tomohon” (Pesona Tomohon), Senin (08/08/2016) yang terselenggara spekatakuler.

Iven tahunan nan prestisius ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE bersama Presiden RI Ke Lima Megawati Soekarno Putri,Deputi Kementeria Pariwisata Esty R Astuty, Walikota Tomohn Jimmy F Eman SE dan wakil walikota Syerly Adelyn Sompotan yang ditandai dengan pemukulan tetengkoren secara bersamaan yang menandai pembukaan TOF secara resmi.

Ketua panitia Wawali Syerly Adelyn Sompotan melaporkan pelaksanaan TIFF 2016 sesuai dengan run down acara yang ada yakni diikuti oleh 30 peserta dan kegiatan ini mengangkat seluruh potensi yang ada di Kota Tomohon untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Walikota Jimmy F Eman SE Ak mengatakan bahwa pelaksanaan TIFF yang ke 6 pada tahun ini awalnya pada tahun 2008-2010 bertajuk Tomohon Flower Festival selanjutnya sampai sekarang menjadi ivent Internasional bertajuk TIFF.

“Kami mengucap syukur kepada Tuhan atas kemudahan dan kelancaran kegiatan ini. Kami juga memberikan apresiasi kepada Ibu Megawati Soekarno Putri yang memberikan apresiasi dan perhatian melalui kehadiran dalam kegiatan ini. Terima kasih dan apresiasi kepada perwakilan Kementerian Pariwisata, Gubernur dan Wakil Gubernur yang hadir serta seluruh peserta dan para tamu yang hadir memeriahkan pelaksanaan TIFF 2016 dengan iven utama Tournament of Flower. Kami menerima masukan yang konstruktif atas pelaksanaan TIFF ini. Kami yakin dengan dukungan seluruh masyarakat Kota Tomohon maka peningkatan investasi bagi kesejahteraan masyarakat akan kami berikan kemudahan. Semoga Tuhan Memberkati Pemerintah Provinsi Sulut, Pemerintah Kota Tomohon bersama masyarakatnya,” ujar Walikota Eman.

Selanjutnya mewakili Menteri Pariwisata; Ibu Esty R Astuty mengatakan komitmen harus bersama terkait memajukan pariwisata melalui berbagai atraksi menarik seperti wisata geothermal, karena di Sulut banyak sekali potensi yang dapat menjadi sumber kesejahteraan rakyat.

“Kami berharap kita semua dapat mempromosikan secara bersama-sama dengan komunitas dalam masyarakat dan elemen terkait, kami berharap ToF berkembang seperti Tournament of Roses di Pasadena,” ungkap Astuty.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang membuka kegiatan ini mengatakan kepada Menteri Pariwisata bahwa Sulut tak masuk dalam 10 daerah kunjungan wisata dalam program kunjungan wisata diIndonesia. Namun sejak 3 Juli kunjungan wisatawan sudah mencapai 10 ribu orang, sedangkan untuk target kunjungan wisatawan di Sulut yakni 300 ribu orang semoga dapat tercapai. Di Sulut banyak sekali obyek wisata begitu juga dengan wisata religi yakni makam kyai mojo. Mudah-mudahan dengan dibukanya penerbangan langsung ke luar negeri akan memberikan banyak manfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Gubernur pun memberikan apresiasi kepada walikota dan wakil walikota Tomohon.

Mengawali parade kendaraan ini Wakapolres Tomohon Kompol Alkat Karouw melaporkan kesiapan peserta pawai TOF kepada Gubernur Sulut.

Dalam parade kendaraan hias kali ini diawali dengan float Pemerintah Kota Tomohon yang menampilkan Float besar dengan ciri khas bunga krisan kuning dan putih yang menjadi maskot atau bunga andalan kota Tomohon. Dengan Wawali Sompotan yang tampil dalam kendaraan menyanyikan lagu Kota Tomohon.

Float Australia dengan gedung opera Sidney dengan kangguru dan Kalkun. Ada pun iring-iringan peserta lomba Flower Fashion Carnival dengan total hadiah Rp 30 juta.

Ada juga Float Singapura dengan tema merry Lion (Singa laut), menyusul Jepang  dengan Gunung Fuji dan Doraemon. Ada float Tiongkok dengan Panda. Kementerian Pariwisata menampilkan pesona wisata Sulut, Raja laut ikan purba, Burung Manguni dan Tarsius. Kota Bitung dengan wisata pantai dan industri, Kementrian Pertanian RI dengan dya orang petani dan jagung, Roda sapi yang di atasnya buah dan sayur Dinas Pertanian Peternakan Provinsi Sulut.

TOF ini dibanjiri ribuan penonton baik warga lokal maupun wisatawan domestik dan luar negeri.(mar)

Leave a Reply