by

20 Milyar Dana PEN untuk Pengelolaan PDAM Tomohon

Tomohon – Kepedulian Pemerintah Kota Tomohon di dalam menunjang sarana, sumber daya air di Kota Bunga terus dilakukan. Kali ini dalam pemanfaatan pinjaman dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) baru baru ini bagi Pemkot dengan jumlah Rp100,35 M.

Salah satu indikator pemanfaatan dana PEN yakni lewat peningkatan kualitas air bersih serta air layak konsumsi bagi masyarakat.

Terkini , 20 Miliar dari dana PEN ini bakal disuntik ke Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon untuk membangun instalasi pengelolaan air (IPA).

Direktur PDAM Freddy Tumurang mengungkapkan,  sejauh ini memang masyarakat sering mengeluhkan tentang kualitas air, tentunya dengan dana PEN ini dapat membantu proses filterisasi menjadi air berkwalitas.

“Kualitas air tentu harus menjadi perhatian selain kebutuhan air juga dikonsumsi, alangkah baiknya air harus bersih. Nah, proyeksinya 20 M ini bakal difasilitasi pada pembangunan IPA,” Kata Tumurang, Senin (01/11/2021).

Menurutnya, sesuai pantauan tenaga teknisi maupun direksi di lapangan, proses penyaringan air masih belum efisien, jika terjadi hujan dapat berkonsekuensi pada proses aliran air ke warga.

“Pada pembangunan instalasi pengelolaan air nanti bakal dibangun di 3 mata air di kakaskasen dan kedepan, proyeksi bakal dibagi 5 zonasi sumber air berdasarkan kecamatan masing-masing,” terangnya.

Ditambahkan Turangan, dengan pembangunan IPA ini diharapkan akan sangat membantu pendistribusian air bersih berkualitas bagi masyarakat Kota Tomohon.

“Proses pembangunan nanti akan dilakukan secara bertahap, mudah-mudahan boleh terealisasi,” kunci Turangan. (mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed