by

Discapilduk Dampingi KPU Minahasa Hadiri Rakernas Pendataan Penduduk

Minahasa – Dalam rangka persiapan pemilihan Gubernur (Pilgub) tahun 2015 di Sulawesi Utara akhir tahun mendatang, Komisi Pemilihan Umum didampingi Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kabupaten Minahasa, menghadiri rapat kerja nasional (Rakernas) yang diselenggarakan Kementrian Dalam Negeri Repoblik Indonesia (Kemendagri-RI), betempat di Hotel Grand Clarion Makassar Sulawesi Selatan.

Rakernas yang diselenggarakan sejak Senin 13 April lalu dan akan berakhir Rabu 15 April ini mengangkat tema, “Melalui Rakernas Kita Sukseskan Pilkada sSerentak” dan mengahadirkan narasumber dari Dirjen Dukcapil Kemendagri-RI, KPU RI, Dirjen Keungan dan Dirjen Otda.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi kepada Cybersulutnews.co.id, Selasa (14/04) mengatakan, hal-hal yang mengemuka dalam penyampaian materi dalam Rakernas ini dintaranya, terkait penyerahan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2) dan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

“Sesuai materi yang diterima, pemerintah akan menyerahkan DAK2 pada 17 April dan DP4 pada 3 Juni 2015 kepada KPU RI sebagai bahan awal penyusunan Daftar Pemilih Pilkada,” terang Maringka.

Sementara, Kepala Discapilduk Minahasa, Drs Riviva Maringka MSi menambahkan, berbeda dengan Pilkda sebelumnya, kali ini DP4 tidak diserahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) maupun Pemerintah Kabupaten/ Kota (Pemkab/ Pemkot) kepda KPU Daerah.

“DP4 akan diserahkan Kemendagri langsung ke KPU-RI dan nantinya setelah diserahkan Kemendagri kepada KPU RI, akan disinkronkan kemudian diserahkan kepada KPU Provinsi dan Kabupaten Kota,” ujar Tinangon, sembari menambahkan bila Pilkada serentak akan di launching 17 April 2015 mendatang.

“Hal ini dikatakan Komisioner KPU RI, Hadar Nafiz Gumay saat membawakan materi,” tambah Tinangon.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed