by

Divisi Teknis KPU Evaluasi Penerapan SIREKAP Pilgub Sulut 2020 di Minahasa

Minahasa – Aplikasi SIREKAP menjadi salah satu alat bantu rekapitulasi hasil penghitungan suara, dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020, secara khusus Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara 2020, di Kabupaten Minahasa.

Mengevaluasi sejauh mana peran SIREKAP dalam Pilgub Sulut, secara khusus penerapannya do Kabupaten Minahasa, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Divisi Teknis, membahasnya dalam Rapat Evaluasi Tahapan Teknis Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi dan Aplikasi SIREKAP dalam Pilgub Tahun 2020, bertempat di Yama Resort Tondano, Sabtu (13/02) pagi.

Nampak hadir dalam evaluasi ini, Ketua Divisi Teknis KPU Sulawesi Utara Yessy Momongan STh MSi, didampingi Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Ch Malonda SPd dan Komisioner KPU Rendy Suawa SH.

Komisioner KPU Minahasa Divisi Teknis Kristoforus Ngantung SFils, saat membuka kegiatan ini mengatakan, dalam evaluasi ini diminta setiap yang terlibat agar menyampaiakan segala kendala yang terjadi selama penerapan aplikasi SIREAP, serta memberikan masukan untuk dicarikan solusi kedepan.

“Melalui kegiatan evaluasi ini, kita diminta untuk menyampaikan masalah masalah serta memberikan solusi. Hasilnya evaluasi ini nanti dijadikan acuan bagi penyelenggaraan pemilihan selanjutnya, untuk dijadikan regulasi,” kata Ngantung sembari mengapresiasi seluruh penyelenggara di tingkat Kecamatan dan Kelurahan/Desa atas kerja kerasnya dalam menyukseskan Pilgub Tahun 2020.

Ketua Konstitusi dan Demokrasi Indonesia, Veri Junaidi, salah satu narasumber yang hadir menyampaikan bahwa, Aplikasi SIREKAP ini sebetulnya adalah terobosan inovatif dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020. Menurutnya, SIREKAP secara visi sudah bagus, meski dalam beberapa fungsi memang masih perlu banyak penyempurnaan.

“SIREKAP ini cukup menyita banyak waktu dan energi ketika awal diterapkan dalam Pilgub Sulut 2020. Sehingga, sangat disayangkan bila kedepan tidak digunakan. Jadi, sebaiknya digunakan karena masyarakat bisa melihat langsung secara online hasil rekapitulasi penghitungan suara, kedepan nanti SIREKAP tetap digunakan dengan peningkatan sebaik mungkin,” ujarnya

Selain SIREKAP, beberapa hal berkaitan Dengan Teknis pemungutan dan penghitungan suara juga dievaluasi. Evaluasi berjalan lancar hingga akhir. Selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan dijadikan rekomendasi untuk Pemilihan yang lebih baik kedepan.

Narasumber lain dalam evaluasi ini, yaitu Kasubag Humas Polres Minahasa AKP Ferdy Pelengkahu dan Dolvie JA Tutu sebagai Pemerhati Pemilu, kemudian yang dihadiri unsur Panitia Pemilihan Kecamatan, Penitia Pemungutan Suara, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, serta unsur Pers.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed