by

Gugurkan Pasangan Imba-Bobby, KPU Manado Bilang Itu Rekomendasi Bawaslu Sulut

Manado – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, Eugenius Paransi, Jumat (13/11/2015), memutuskan pasangan Jimmy Rimba Rogi dan Boby Daud (Imba-Bobby) tidak memenuhi syarat atau TMS untuk maju bertarung memperebutkan kursi Walikota dan Wakil Walikota Manado.

Alasan digugurkannya pasangan calon yang diusung Partai Golkar, PPP dan PAN itu ditengarai, Jimmy Rimba Rogi masih berstatus sebagai narapidana. Ketua KPU Manado juga menegaskan, yang memutuskan Jimmy Rimba Rogi tidak memenuhi syarat bukanlah KPU Manado, melainkan Bawaslu Provinsi Sulut.

“Kami sebelumnya sudah meloloskan pasangan ini. Bawaslu Sulut yang mengeluarkan rekomendasi TMS, bukan semata-mata KPU. KPU hanya menyampaikan amanat dari undang-undang yang diberikan Bawaslu,” kata Eugenius Paransi ketika membacakan surat keputusan.

Acuan itu dibacakan KPU Manado, sesuai pasal 140 nomor 1 tahun 2014. Seperti yang tercantum dalam Keputusan KPU Kota Manado Nomor : 11/KPPS/KPUNOMOR23/Pilwako/2015.

“Dengan syarat selambat-lambatnya tujuh hari harus memutuskan. Dan hari ini adalah H-1, intinya hasil KPU mempelajari, menyertakan dan mempublis kepada masyarakat. Hasil rapat pleno itu kemudian kita tuangkan dalam surat keputusan,” papar Ketua KPU Kota Manado, Eugenius Paransi.

Dari pantauan, pengumuman status Imba itu dilakukan di Kantor KPU Manado, dengan dikawal ketat aparat Kepolisian dan TNI. Keputusan itu sendiri dibacakan Ketua KPU Manado, Eugenius Paransi bersama komisioner Rommy Poli, Amrain Razak, Sunday Rompas dan Jusuf Wowor. (jenglen manolong)

Comment

Leave a Reply

News Feed