by

Ivansa Irup Hari Pahlawan Di Minahasa

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa, Ivan Sarundajang (Ivansa), bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pahlawan di Minahasa, Senin (10/11) pagi, bertempat di Lapangan Kantor Bupati, yang dirangkaikan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-50.

Dalam membacakan sambutan mewakili Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, Ivansa mengatakan, sejarah Bangsa Indonesia mencatat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat, dan komitmen ini adalah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi dari para Pahlawan.

“Kita harus memaknai semua itu sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan pada masa kini dan mendatang,” pungkasnya.

Tema hari Pahlawan di tahun ini adalah “Pahlawanku Idolaku”, tema ini dimaksudkan untuk menggungah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri.

“Kedepan, ini diharapkan menjadi inspirasi bagi generasi penerus bahwa semangat juang dan kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di setiap insan yang menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa,” ujarnya.

Sementara, upacara ini sendiri diikuti oleh Ketua DPRD James Rawung SH, Kapolres Minahasa, AKBP Ronald Rumondor SIK MSi, Kajari Tondano, Risman Tarihoran SH MH, Ketua PN Tondano, Novri Oroh SH MH, Kasdim 1302 Minahasa, Mayor Inf Imam Buchori, Sekda Minahasa, Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, para Pejabat Pemkab Minahasa, unsur TNI/POLRI, PEPABRI, LVRI, Pramuka, Siswa dan semua PNS di lingkup Pemkab Minahasa yang ditandai dengan pengibaran Bendera oleh Paskibraka Minahasa, pembacaan UUD 1945 dan pembacaan Pesan-pesan Pahlawan.

Setelah upacara dilanjutkan dengan ziarah ke makam Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi Tondano dangan Inspektur Upacara Kapolres Minahasa, AKBP Ronald Rumondor dan dihadiri Ivansa bersama Forkopimda Minahasa dan sejumlah pejabat Pemkab Minahasa lainnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed