by

Pendakian Gunung Lokon Ditutup

semburan abu vulkanik Gunung Lokon sampai ke Manado
semburan abu vulkanik Gunung Lokon sampai ke Manado (foto: ist)

Tomohon – Erupsi Gunung Lokon yang terjadi Sabtu (13/09) pagi membuat jalur pendakian di gunung teraktif di Sulawesi ini harus ditutup. Sebabnya dari pengamatan Pos Pemantau Gunung Lokon,Kemungkinan masih akan terjadi letusan susulan lagi. Sebab aktivitas gunung masih tinggi dengan adanya Gempa Tremor terus menerus dan Gempa Vulkanik.

“Peningkatan aktivitas Gunung Lokon dipicu oleh Gempa Tektonik di Tenggara Manado  yang terjadi tiga hari sebelumnya yang berasosiasi dengan subduksi ganda lempeng laut Maluku ke arah barat dengan magtituda 6,5 skala richter diikuti setidaknya tujuh kali gempa susulan dengan magituda 4,5 skala richter. Jadi diharapakan masyarakat tetap berhati-hati dan  tidak mendekati  radius 2.5 km,” jelas Ferry Rusmawan, Petugas Pemantau Gunung Api Lokon.

Terpisah, Robby Kalangi, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kota Tomohon masyarakat tetap siap siaga, karna bencana alam ini tak bisa diprediksi.
“Kami menghimbau masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan dengan tidak beraktivitas dalam radius bahaya 2,5 Km dan tidak melakukan pendakian hingga puncak karena akan membahayakan keselamatan,”tukasnya. (maria wolajan)

Comment

Leave a Reply

News Feed