by

Program Samisade Dianggap Belum Merakyat di Mitra

Bupati Minahasa Tenggara  James Sumendap SH
” Bupati Minahasa Tenggara
James Sumendap SH

Mitra -Bagi rakyat di Minahasa Tenggara (Mitra), dalam prakteknya Program satu miliar satu desa (Samisade) yang dicanangkan Bupati James Sumendap masih berjarak dengan rakyat. Samisade hanya akrab di telinga, namun wujudnya masih asing.Problema ‘wong cilik’ di Mitra masih sama yakni jalan rusak, jembatan putus serta air ngadat.Memang sudah ada perbaikan, namun belum maksimal. Belum signifikan, tak seperti yang diharap warga waktu pertama mendengarnya.Masalahnya selalu klasik.

“Program tersebut lebih banyak main di tataran elit. Solusinya, perlu upaya agar program itu lebih membumi dan merakyat. Program Samisade perlu lebih dipacu dan diberi pemahaman ke rakyat,” kata Jefry Tampongangoy, warga Ranoketang Atas, Kecamatan Touluaan.

Menurutnya, salah satu penyebab terhambatnya Samisade adalah lambatnya kinerja pejabat. Dia justru mengusulkan, Bupati segera menggelar rolling. “Program Bupati sudah bagus, hanya kendalanya banyak pejabat yang lamban. Menurut hemat saya, Samisade tak akan jalan jika pejabat lamban. Bahkan tak mampu mengimbangi gerak cepatnya Bupati,” tandasnya.

Dia menilai, Samisade terhambat masalah eksternal. Salah satunya kinerja DPRD Mitra yang buruk. “Apalagi saya lihat anggota Dewan saat ini kurang jelas. Untuk membuat alat kelengkapan dewan saja masih lambat,” kata dia, sembari meminta bila ingin persoalan ini teratasi, Bupati dapat memperlancar komunikasi politik dengan Dewan.(Alfian Tompunu)

Comment

Leave a Reply

News Feed